Lihat ke Halaman Asli

Sri Pujiati

TERVERIFIKASI

Nothing

Jangankan Hubungan Beda Negara, Beda Kota Saja Sudah Penuh dengan Tantangan

Diperbarui: 20 Juli 2021   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hubungan Jarak Jauh | Sumber: shutterstock via lifestyle.kompas.com

Jodoh memang tidak ada yang tahu kapan dan di mana dipertemukan. Seperti peribahasa asam di gunung, garam di laut, akhirnya bertemu dalam satu wadah dan menjadi perpaduan masakan yang menarik. 

Itulah misteri jodoh yang sampai sekarang tidak ada yang tahu rumus pastinya. Karena jodoh itu suatu misteri yang sangat sulit untuk ditebak. 

Walaupun kamu ada di ujung selatan dan dia ada di ujung utara, jika jodoh pasti akan dipertemukan, entah bagaimana pun caranya. 

Ada seribu cara dari Tuhan yang sudah Dia siapkan. Lewat cara yang tidak terduga dan tidak pernah disangka-sangka. Tiba-tiba saja Tuhan mengirimkan seseorang ke dalam hidupmu dan membuatmu jatuh cinta padanya. 

Suatu cara yang sangat romantis dan pastinya indah untuk dikenang. Mungkin karena itulah setiap pasangan mempunyai kisah cinta yang unik dan pastinya berkesan. Mungkin itu cara Tuhan mempertemukan seseorang dengan pasangannya. 

Jodoh bisa datang dengan siapa saja, termasuk dengan seseorang yang beda negara. Mungkin sudah banyak contoh pasangan beda negara yang bisa sukses dalam membangun rumah tangga. 

Perbedaan budaya dan adat istiadat tidak mampu menghalangi cinta seseorang yang begitu besar, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Di mana setiap orang bisa bebas berkomunikasi dengan siapa pun. Karena komunikasi digital tidak mengenal jarak dan batas. Semua bebas berkomunikasi dengan siapa pun yang mereka inginkan. 

Teknologi komunikasi telah berkembang begitu pesat hingga mampu menghilangkan jarak dan waktu. Semua bisa berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara hingga akhirnya menjalin hubungan. 

Namun saya pribadi, jika menjalani hubungan beda negara sepertinya berat dan tidak sanggup. Karena saya yang menjalani hubungan beda kota yang hanya berjarak tiga jam perjalanan saja sudah lumayan berat, apalagi harus menjalani hubungan beda negara yang berjarak ribuan kilometer, pasti akan terasa berat dan penuh dengan tantangan. 

Mengapa menjalani hubungan beda kota bisa terasa berat dan penuh dengan tantangan? Ada beberapa alasan yang bisa dijabarkan sebagai berikut ini

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline