Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Melaksanakan Ibadah Salat

Diperbarui: 14 April 2021   07:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sholat merupakan salah satu pilar keimanan umat agama Islam. | pexels

I. PENDAHULUAN

Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Didalam agama islam ada rukun iman dan rukun islam sebagai pondasi wajib yang harus dimiliki bagi setiap muslim. Rukun iman itu ada enam, diantaranya iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Nabi, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada Qadha dan Qadar. Dan rukun islam itu ada lima, diantaranya syahadat, sholat, zakat, shaum, dan haji.

Salat merupakan termasuk rukun islam yang kedua, yang sangat memiliki peranan penting bagi umat islam, yang diawali dengan gerakan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Salat yang wajib ada lima waktu, yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya, yang tidak boleh sampai ditinggalkan salat lima waktu itu kecuali dalam keadaan berhalangan seperti haid, dan lain-lain.

Setiap sesuatu yang diwajibkan oleh Allah pasti ada manfaatnya, begitupun setiap sesuatu yang diharamkan pasti ada madhorotnya. Dan begitu juga dengan salat, salat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah bagi setiap muslim yang tentunya pasti ada manfaatnya, baik pahala, kesehatan bagi jasmani, maupun rohani. Oleh karena itu, yang wajib jangan sampai ditinggalkan dan yang haram juga jangan sampai dikerjakan kecuali dalam keadaan darurat atau terpaksa.

Penelitian ini akan mengidentifikasi manfaat yang diperoleh dari melaksanakan ibadah salat.

II. MANFAAT MELAKSANAKAN IBADAH SALAT

Dan salat itu memiliki banyak manfaat jika melaksanakannya sesuai dengan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Manfaat salat dari segi fisik dapat muncul dari hasil gerakan-gerakan yang dilakukan oleh orang yang salat mulai dari mengangkat tangan, ruku', sujud, duduk, berdiri, memberi salam dan gerakan lainnya. Gerakan-gerakan ini sangat mirip dengan latihan olahraga yang disarankan oleh para dokter kepada para pasiennya, karena para dokter mengetahui bahwa gerakan-gerakan tersebut mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. (Ahmad, 2007)

Adapun beberapa manfaat melaksanakan salat bagi kesehatan jasmani diantaranya;

1. Gerakan Takbiratul Ihram yang bisa melancarkan aliran darah dan memperkuat kekuatan otot lengan. Pada saat mengangkat kedua tangan, otot bahu akan meregang sehingga aliran darah menjadi lancar. Dan gerakan tangan didekapkan di atas pusar bisa membuat kita terhindar dari macam-macam gangguan persendian. 

2. Gerakan Rukuk yang bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi tulang dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan saraf pusat. Dan juga rukuk bisa membuat kita tercegah dari gangguan prostat.

3. Gerakan I'tidal bisa menjadi latihan untuk pemanasan atau olahraga.  Dan organ-organ di dalam perut akan terasa dipijat dan pelonggaran secara berganti yang menjadikan pencernaan lebih lancar lagi.

4. Gerakan Sujud yang membuat aliran getah bening terpompa ke bagian leher dan ketiak. Karena posisi jantung di atas menyebabkan oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Dan aliran ini berpengaruh pada kemampuan pikir seseorang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline