Lihat ke Halaman Asli

Evektivitas Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas 5 di SDI Kota Blitar pada Mata Pelajaran PAI

Diperbarui: 28 Juni 2021   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA            : SAFIA AQSAL GHAZY

NIM                : 1968620646

PRODI            : PGSD A4

MATKUL       : STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN

EVEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS 5 DI SDI KOTA BLITAR PADA MATA PELAJARAN PAI

 

Pembelajaran koopertif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang saling asuh antar peserta didik untuk menghindari ketersinggungan dan kesalah pahaman yang dapat menimbulkan permusuhan (Kunandar: 2015). Menurut Suherman dkk. Cooperative learning menekankan pada kehadiran teman sebayanya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau tugas secara bersama-sama. (Suherman: 2003)

Dalam pembelajaran kooperatif, pengembangan kualitas diri peserta didik terutama aspek afektif peserta didik dapat dilakukan secara bersama-sama. Belajar dalam kelompok kecil dengan prinsip koopertif sangat baik digunakan untukmencapai tujuan belajar, baik yang sifatnya kognitif, afektif, maupun konatif. Suasana belajar yang berlangsung dalam interaksi yang saling percaya, terbuka dan rileks diantara anggota kelompok memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memperoleh dan memberi masukan diantara mereka untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai, dan moral, serta keterampilan yang ingin dikembangkan dalam pembelajaran (Etin Sholihati: 2007)

Berikut merupakan hasil wawancara yang telah penulis lakukan beserta pertanyaan dan jawaban.

  1. Apakah di SDI Kota Blitar melakukan pembelajaran kooperatif ? jika iya, bagaimana bentuk model pembelajarannya?

Narasumber : iya pernah. Materi yang digunakan adalah materi tentang sholat sunnah. Jadi dibuat kelompok 2-5 orang anak, kemudian mereka membuat suatu permasalahan dan dipecahkan oleh setiap kelompok, serta kelompok yang mempresentasikan didepan akan ditanggapi oleh kelompok yang lain.

  1. Apakah pembelajaran terlaksana secara kondusif ?

Narasumber : jika dikatakan keseluruhan kondusif masih belum, karena kemampuan anak yang berbeda-beda. Ada sebagaian anak yang lebih unggul dalam segi kemampuan berbicara dan dia yang akan lebih unggul dalam presentasi, dan anak yang lain hanya mengikuti.

  1. Permasalahan apa yang timbul pada saat pembelajaran kooperatif ?
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline