Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta
Oleh Bp Amika Wardana
Pendidikan Tinggi
- Pendidikan tinggi berawal dari tradisi kuno: Akademi Plato, Nalando, Madrasah Islam.
- Universitas abad pertengahan (Bologna, Paris, Oxford): pusat teologi, hukum, filsafat.
- Fungsi awal: menjaga kebenaran, mendidik profesional (hukum, medis, birokrasi)
Perguruan Tinggi Modern
- Renaisans dan pencerahan: humanisme, rasionalitas, sains
- Mode Humboldt (abad ke-19) : kesatuan riset dan pengajaran, kebebasan akademik
- Perguruan tinggi jadi instrumen negara-bangsa dan modernisasi
- Demokratisasi akses: Pendidikan jadi hak warga negara
- Marketisasi: pendidikan sebagai investasi modal manusia
- 21st Century skill: berpikir kritis, kolaborasi, literasi digital
- Peran baru: riset global, civic engagement, solusi isu-isu kemanusiaan
- Universitas= Ruang pencarian kebenaran + pelayanan kemanusiaan
Perguruan Tinggi Muhammadiyah Dan Aisyiyah
- Muhammadiyah mendirikan perguruan tinggi pertama pada tahun 1955 (Universitas Aisyiyah Jakarta). Sebagai kelanjutan komitmen pendidikan sejak berdiri tahun 1912
- Jaringan Luas: Terdapat lebih dari 163 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA), menjadikkannya jaringan PTS terbesar di Indonesia
- Karakteristik Utama; Mengintegrasikan islam berkemajuandengan ilmu pengetahuan, dan menjunjung tinggi kemandirian, filantropi, dan inovasi sosial.
- Orientasi Masa Depan -> Menjadi Kampus berdampak
Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah yang terakreditasi Unggul
Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi
Menjadi Mahasiswa
- Menguasai Ilmu dan Keterampilan- Mendalami bidang studi yang dipilih sekaligus mengasah keterampilan berpikir, komunikasi, dan tekhnologi
- Mengembangkan Diri- Membentuk karakter, kemandirian, dan kedewasaan dalam menghadapi tantangan hidup
- Bepikir Kritis dan kratif- Belajar menganalisis masalah, menemukan solusi, serta berinovasi
- Mempersiapkan Karier dan masa depan- Menjadi bekal untuk dunia kerja, profesi, maupun pengabdia masyarakat
- Memberi Kontribusi Pada Masyarakat- Menggunakan Ilmu dan kapasitas diri untuk kemajuan bangsa dan kemanusiaan
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Tabel perbandingan capaian pembelajaran lulusan (KKNI)
Tabel perbandingan Beban, Masa Studi dan Syarat khusu
Tabel Perbandingan 6C: Core Competence
Mengembangkan Diri
1. Ragam Organisasi: BEM, UKM, himpunan profesi, (ISMKI, HIMMI), Organisasi berbasis minat-bakat (olahraga, seni, riset)
2. Peran Kegiatan: membangun kepemimpinan, jaringan, dan soft skills