Lihat ke Halaman Asli

Rosyidah Muntaha

Awali aktivitas mu dengan bismillah dan akhiri aktivitas mu dengan hamdalah

Manusia dan Lingkungannya

Diperbarui: 27 Januari 2021   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Manusia memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Dan apa yang terjadi di alam, baik secara langsung mapun tidak langsung akan terasa pengaruhnya bagi kehidupan manusia.

Pada dasarnya, Tuhan menciptakan bumi dan isinya untuk kemakmuran bagi umat manusia. Pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia bertujuan untuk memanjukan kesejahteraan umat manusia. Dalam pemanfaatan sumber daya alam, manusia harus memperhatikan pelestarian terhadap alam ini sehingga lingkungan tetap seimbang untuk menunjang perkembangan yang berkesinambungan.Perilaku manusia terhadap lingkungan dapat dilihat dari kehidupan manusia sebelum peradaban hingga peradaban modern pada saat ini.Akan tetapi, dengan peradaban yang semakin modern membuat umat manusia kurang arif dalam menjaga lingkungannya.

Kualitas lingkungan hidup sekarang dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan antara pemanfaatan dan penjagaan terhadap lingkungan tersebut.Kurangnya kesadaran kita terhadap lingkungan hidup juga akibat pemikiran manusia yang menganggap kegiatan yang dilakukan adalah hal yang biasa. Misalnya, penebangan hutan yang berlebihan guna memenuhi kebutuhan manusia adalah hal yang biasa atau penggunaan kendaraan pribadi yang hanya digunakan untuk muatan satu orang sehingga penggunaan bahan bakar kurang efisien. Ini dikarenakan aturan yang dibuat belum terlalu ketat untuk diterapkan. Apabila hal ini masih dibiarkan, kerusakan lingkungan akan terjadi. Kepedulian lingkungan hidup bisa ditanamkan melalui pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Karena pada dasarnya untuk merawat dan menjaga lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline