Lihat ke Halaman Asli

Sistem Ekonomi Sosialisme

Diperbarui: 12 Juni 2018   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

A. Pengertian Sistem Ekonomi Sosialisme

Sosialisme, berasal dari kata Sosial, sesuatu yang menyangkut aspek hidup masyarakat, Sosialisme adalah Sebuah doktrin politik yang menekankan pemilikan kolektif dari alat-alat produksi, memberikan suatu peran yang besar pada negara dalam menjalankan perekonomian dengan kepemilikan masyarakat luas (Nationalization) atas industri.

Sistem ekonomi sosialisme adalah sistem ekonomi dimana ekonomi diatur penuh oleh negara. Dalam sistem ini jalannya perekonomian sepenuhnya menjadi tanggung jawab negara atau pemerintah pusat. 

Sistem ekonomi sosialisme muncul pada abad ke-19 dipelopori oleh Karl Max. Sistem ekonomi muncul karena bentuk kritik dari sistem ekonomi kapitalisme yang memberikan kebebasan kepada rakyat sehingga perekonomian tidak merata, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin melarat. 

Oleh karena itu sistem ekonomi sosialisme dibentuk untuk meratakan kesejahteraan rakyat dengan pemerintah atau negara yang mengaturnya.

B. Ciri-ciri Sistem Ekonomi  sosialisme
1. Semua alat dan sumber daya dikuasai oleh pemerintah.
2. Hak milik perorangan tidak diakui.
3. Tidak ada kebebasan bagi masyarakat
4. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

C. Kebaikan Sistem Ekonomi Sosialisme

1. Tersedianya kebutuhan pokok

setiap warga negara yang tinggal di suatu negara disediakan kebutuhan pokoknya, berupa makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan lain-lain. Penyediaan kebutuhan pokok tersebut diberikan oleh pemerintah.

2. Didasarkan atas perencanaan negara

semua pekerjaan telah direncanakan oleh negara dengan matang dan sempurna sehingga apabila terjadi masalah yang terjadi akan langsung ditangani oleh pemerintah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline