Lihat ke Halaman Asli

Datsun Risers Expedition, Bukan Hanya Sekadar Ekspedisi

Diperbarui: 20 Januari 2016   03:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Sebab sepanjang kita berjalan, menghindar, berpura-pura tidak mengetahui atau apapun itu, kita akan tetap akan bertemu apa yang ditakdirkan untuk bertemu.."

- Aldani Putri

Mungkin kutipan tersebutlah yang dapat menggambarkan keadaan yang sedang saya alami saat ini. Saya merupakan seseorang yang sudah tinggal dan menetap lebih dari 15 tahun di Bumi Etam, tetapi secara sadar maupun tidak sering menyangsikan keindahan wisata alam maupun kebudayaan yang terdapat di dalamnya. Sampai suatu waktu seorang teman mengajak saya untuk mengikuti suatu event yang bernama Datsun Risers Expedition. Ketika mendengar kata ekspedisi yang terlintas di benak saya adalah suatu kegiatan mengunjungi sesuatu secara bersama-sama, tetapi semua itu berubah setelah saya mengetahui susunan acara yang akan dilakukan pada event ini. Ada dua hal yang saya sadari setelah memutuskan untuk mendaftarkan diri mengikuti event tersebut. Pertama saya menyadari bahwa ternyata saya yang selama ini jarang bahkan hampir tidak pernah mengetahui dan menyadari potensi yang dimiliki Pulau Kalimantan, akhirnya ditakdirkan untuk bertemu dan menjelajah sendiri potensi-potensi di dalamnya. Kedua saya menyadari bahwa event ini bukan hanya sekedar kegiatan yang bertujuan untuk kebermanfaatan pribadi, tetapi kepada lingkungan sekitar yang dilalui acara ini.

Sebelum saya berbicara lebih jauh mengenai kegiatan yang dilakukan selama hari pertama Datsun Risers Expedition, izinkan saya untuk menjelaskan apa itu Datsun Risers Expedition.

Datsun Risers Expedition

Datsun Risers Expedition merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Datsun dan bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam maupun budaya suatu daerah, melakukan kegiatan sosial kepada pelajar untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan, dan bahkan event ini menjadi ajang live test drive terhadap kemampuan kendaraan buatan Datsun. Pada kesempatan ini saya mengikuti Datsun Risers Expedition yang berlangsung di Pulau Kalimantan Etape ke-2 yaitu dengan rute lintas provinsi yaitu Kota Balikpapan, Kalimantan Timur - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Sebelum melakukan perjalanan menuju kota tujuan, terlebih dahulu dilakukan pengarahan mengenai keselamatan para Risers (peserta Datsun Risers Expedition) saat melakukan perjalanan. Tips-tips yang dijelaskan terkait dengan berkendara dengan aman adalah sebagai berikut :

  1. Pengemudi mobil jenis LCGC (low cost green car) disarankan untuk menjaga jarak aman antar mobil yaitu sejauh 20-30 meter untuk memastikan ketika terjadi pengereman maka mobil akan berhenti dengan sempurna tanpa terjadi kecelakaan.
  2. Fokus merupakan hal paling penting dalam berkendara sehingga ketika seorang pengemudi kehilangan fokusnya atau bahkan mengantuk, sangat disarankan untuk melakukan pergantian driver maupun melakukan istirahat sejenak untuk memastikan tidak terjadi kecelakaan dikarenakan mengantuk.
  3. Ketika mobil mengalami medan yang buruk, sebagai contoh jalanan yang berlubang maka sebaiknya mobil tidak langsung melakukan pengereman sepenuhnya karena hal tersebut justru dapat mengakibatkan daya cengkeram ban tidak sempurna sehingga mobil tergelincir.

Setelah dilakukan pengarahan sebagai komitmen Datsun terhadap keselamatan penggunanya, selanjutnya para Risers disuguhkan makan siang untuk menjaga performa pengendara agar tetap fokus dalam perjalanan menuju tempat tujuan.

[caption caption="Salah satu momen yang luar biasa menurut saya, momen penyemangat selama perjalanan"][/caption]

Balikpapan - Tanjung, Tabalong

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline