Lihat ke Halaman Asli

Ria FauziaPrasetyanti

Your future depends on your imagination

Perspektif Islam mengenai Hak Berkeyakinan dan Beragama

Diperbarui: 18 Juni 2022   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejalan dengan sila Pancasila yang pertama, yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa" maka seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan memiliki satu agama. Di Indonesia sendiri memiliki 6 agama yang sudah disahkan, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Walaupun demikian, setiap warga negara Indonesia wajib menghormati dan menghargai kepercayaan dan agama yang berbeda dengannya. Karena kebebasan berkeyakinan dan beribadah merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia. Sebagaimana yang kita tahu bahwasanya Hak Asasi Manusia merupakan hak kodrati yang melekat pada diri setiap manusia sejak dalam kandungan hingga dilahirkan ke dunia. Hak Asasi Manusia berlaku selama seumur hidup tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, kedudukan, status sehingga individu tersebut dapat mengembangkan dirinya sebagai manusia secara utuh.

Di Indonesia sendiri, kebebasan berkeyakinan dan beribah telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat satu yang berbunyi "Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal diwilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali." Hal ini berarti setiap warga Indonesia bebas untuk memilih agama dan kepercayaan yang ingin dianut tanpa adanya paksaan baik dari pemerintah maupun orang lain.

Selanjutnya, dalam UUD 1945 Pasal 29 ayat 2 yang berbunyi "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu". Pasal ini menjelaskan bahwasanya negara menjamin kemerdekaan setiap warganya dalam memeluk agama apapun itu, selain itu negara atau pemerintah juga akan memperlakukan setiap pemeluk agama dengan seadil-adilnya.

Menurut perspektif islam perbedaan agama merupakan hal yang wajar, bahkan dalam alqur'an tidak sedikit ayat yang membahas tentang perbedaan agama. Walaupun didalam alqur'an menjelaskan bahwa islam-lah agama yang paling benar, namun alqur'an tidak pernah sekalipun menyebutkan bahwa agama selain islam adalah agama yang salah. Sejalan dengan Hak Asasi Manusia, alqur'an juga memberikan kebebasan kepada umat manusia dalam memilih agama. Alqur'an juga tidak pernah sama sekali memkasa umat agama lain untuk masuk kedalam agama islam, karena islam merupakan agama yang lembut dan damai sehingga tidak ada unsur paksaan dalam memeluk agama islam. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 256:

Artinya: "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Begitu lembutnya islam dalam mengatur persoalan agama, karena islam tahu bahwa jika seseorang telah memeluk suatu agama harus dibarengi dengan keimanan yang kuat dan keimanan itu tidak dapat terwujud dengan adanya paksaan. Sebagai umat muslim, kita memang diwajibkan untuk berdakwah dengan tutur kata yang baik dan lembut, akan tetapi kita tidak boleh memaksa seseorang untuk memeluk agama islam.  Di Indonesia yang memiliki keberagaman agama, kita cukup menarapkan sikap toleransi terhadap agama lain. Karena dengan menghormati dan menghargai perbedaan yang ada dapat menyiptakan perdamaan, sebagaimana yang telah dijelaskan islam merupakan agama yang menyukai perdamaian.

Penulis:

Ria Fauzia Prasetyanti (Mahasiswa Prodi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA))

Dosen Pengampu: Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (Dosen UNISSULA)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline