Lihat ke Halaman Asli

Retno Wulandari

Mahasiswa Universitas Jember

Pemberdayaan UMKM Melalui Sosial Media di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 1 September 2021   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kondisi Indonesia saat ini dengan adanya bencana Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap perekonomian negara. Dampak pandemi juga dirasakan oleh para pengusaha kecil, dimana mereka tidak dapat menyesuaikan dengan keadaan pandemi ini. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya penurunan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, banyak usaha yang beralih memasarkan produk mereka secara online dengan memanfaatkan sosial media.

Salah satunya yaitu Nur Linda Sari selaku pelaku usaha mikro corndog di Dusun Palurejo, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Usaha beliau sebelumnya adalah roti bakar, namun saat pandemi mengalami penurunan pendapatan sampai memutuskan untuk beralih ke usaha corndog. Usaha ini termasuk usaha baru karena awalnya hanya berjualan di depan rumahnya dan kini bisa membuka gerai di pinggir jalan. Pemasaran produk awal juga dilakukan seadanya, padahal jika memanfaatkan media sosial pemasaran produk bisa lebih luas tidak hanya sekitar desa Tembokrejo. Permasalahaan ini perlu diatasi agar usaha yang barutidak seperti usaha sebelumnya. Oleh karena itu, pendampingan dilakukan oleh Retno Wulandari mahasiswa KKN UNEJ Back to Village III dari fakultas MIPA dalam memasarkan produk.

Pendampingan ini bertujuan membantu dalam penyelesaikan masalah yaitu, pemahaman mengenai branding dan digital marketing. Pelatihan tentang branding dan digital marketing akan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknologi yang ada agar dapat memaksimalkan keuntungan. Selanjutnya memulai pemasaran melalui sosial media yaitu, facebook dan Instagram. Inovasi packaging juga dilakukan dengan menambahkan stiker logo pada kemasan produk.

Logo Produk|Dokpri

Digitalisasi menjadi sebuah kebutuhan penting, terbukti di Masa Pandemi Covid-19 terjadi kenaikan pada pemanfaatan e-Commerce, literasi digital, permintaan delivery. Oleh karena itu, pendampingan yang dilakukan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Hasil dari kegiatan KKN ini dapat meningkatkan pendapatan UMKM di tengah pandemi Covid-19 sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahtraan masyarakat. (Retno Wulandari/KKN BTV-3/Kelompok 5/Tembokrejo/Muncar/Banyuwangi/Dpl: Zahratul Umniyyah, S.S., M.Hum.).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline