Lihat ke Halaman Asli

Berbicara Dengan Baik untuk Organisasi yang Hebat

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

berbicara dengan baik dalam sebuah organisasi juga sangat penting demi kelancaran organisasi tersebut. Berbicara dalam organisasi atau komuikasi dalam organisasi adalah salah satu unsur yang penting dalam membuat sebuah organisasi menjadi lebih baik.

Komunikasi organisasi adalah mengiriman dan menerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal. Dari suatu organisasi Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya bertujuan untuk kepentingan organisasi. didalam nya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi atau pun hal hal lainnya yang dibutuh kan dalam organisasi. Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.Ada beberapa fungsi nya, yaitu :

Fungsi memerintah atau perintah berkenaan dengan angota-anggota organisasi mempunyai hak dan kewajiban membicarakan, menerima, menafsirkan dan bertindak atas suatu yang telah di perintahkan.

Fungsi relasional berkenaan dengan komunikasi memperbolehkan atau mempersilahkan  anggota-anggota menciptakan dan mempertahankan bisnis produktif hubungan personal dengan anggota organisasi lain.

Fungsi manajemen ambigu berhubungan dengan pilihan dalam situasi organisasi sering dibuat dalam keadaan yang sangat ambigu. Misalnya seperti motivasi berganda muncul karena pilihan yang diambil akan mempengaruhi rekan kerja dan organisasi, demikian juga diri sendiri dengan tujuan organisasi tidak jelas dan konteks yang mengharuskan adanya pilihan tersebut adanya pilihan tersebut mungkin tidak jelas.

Jadi itulah komunikasi dalam organisasi yang harus ada dalam sebuah organisasi agar organisasi tersebut menjadi organisasi yang teratur,lancar dan hebat. apakah organisasi anda kurang baik ? pelajari lah dan praktekan komunikasi dalam beroganisasi dalam organisasi anda agar menjadi lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline