Lihat ke Halaman Asli

Putu SiskaWidya

Putu Siska Widya Antari

Cerdas Memilah Informasi, Hentikan Pro dan Kontra Vaksinasi Covid-19

Diperbarui: 20 Januari 2021   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kecanggihan teknologi masa kini telah menyediakan berbagai hal yang serba instan sehingga tidak heran jika hal ini mampu untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses segala informasi yang bisa kita dapatkan dalam waktu hitungan detik. 

Kecanggihan teknologi ini mampu untuk memberikan dampak positif serta tidak dapat dipungkiri pula dapat menimbulkan dampak negatif bagi pengguna yang mengakses informasi tersebut. 

Jika kita tidak cerdas dalam memilah informasi, maka hal ini justru akan menimbulkan berbagai permasalahan di dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contoh yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah informasi mengenai vaksinasi covid-19 yang sedang membuat dilema hati masyarakat Indonesia.

Tersebarnya berbagai informasi di media sosial mengenai kehadiran vaksinasi covid-19 ini justru menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. 

Sebagian masyarakat menganggap bahwa kedatangan vaksinasi covid-19 ini ke Indonesia sangatlah bagus sebagai cara cerdas untuk meminimalisir penyebaran covid-19 di kalangan masyarakat. Namun Sebagian besar masyarakat juga malah menganggap hadirnya vaksinasi covid-19 saat ini malah membahayakan dan justru menambah angka kematian di Indonesia. Kemunculan pro dan kontra ini dikarenakan banyak masyarakat di Indonesia menelan mentah-mentah begitu saja segala informasi yang didapatkan melalui media sosial ataupun media pemberitaan yang tidak bertanggung jawab, tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Kurangnya literasi dari informasi yang didapat itulah yang mengakibatkan pro dan kontra mengenai vaksinasi covid-19 ini mulai bermunculan di kalangan masyarakat. 

Sebagian besar masyarakat ketika mendapatkan informasi hanya sebatas membaca informasi tersebut kemudian menyebarkan kembali di akun media sosial milik pribadinya, tak jarang akibat rendahnya literasi yang dimiliki oleh oknum penyebar informasi tersebut, ketika ditanya oleh pembaca yang lain mereka cenderung tidak mampu untuk menjelaskan secara gamblang mengenai informasi yang mereka sebarkan. 

Sebenarnya hal ini tidak akan terjadi jika masyarakat atau pengguna media sosial mampu dengan cerdas memilah informasi serta mencari berbagai literasi untuk membuktikan kebenaran mengenai informasi yang dikonsumsi. 

Jika masyarakat rutin untuk melakukan literasi terlebih dahulu, maka adanya pro dan kontra mengenai vaksinasi covid-19 ini mampu untuk segera di minimalisir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline