Lihat ke Halaman Asli

putrianjelams

Mahasiswa

Strategi Pemasaran Usaha Keripik Singkong Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Rimba Terab Kecamatan Suak Tapeh

Diperbarui: 16 Maret 2025   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Proses Pembersihan Ubi Singkong

Pada hari Selasa, 11 Februari 2025, bertempat di Desa Rimba Terab, Telah dilaksanakan Pembuatan Usaha Kripik Singkong, dalam usaha kripik singkong guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Rimba Terab.
Dalam usaha kripik singkong guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Rimba Terab. Strategi Pemasaran Kripik Singkong yang digunakan dalam pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion) penyusunan strategi pemasaran ini yang efektif dan berkelanjutan. Peningkatan kualitas produk, penetapan harga yang bersaing, perluasan distribusi, serta strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan daya saing usaha kripik singkong di pasar lokal maupun luar daerah.
*Product (Produk)
Meningkatkan kualitas kripik singkong dengan inovasi rasa dan kemasan yang lebih menarik. Menjaga kebersihan dan standar produksi agar memenuhi kriteria pangan sehat. Mengembangkan varian produk, seperti kripik singkong pedas, manis, dan original, untuk menarik lebih banyak konsumen.
*Price (Harga)
Menentukan harga yang kompetitif berdasarkan biaya produksi dan harga pasar. Memberikan opsi pembelian dalam berbagai ukuran kemasan untuk menjangkau berbagai segmen konsumen. Menyediakan harga khusus atau diskon untuk pembelian dalam jumlah besar guna menarik pelanggan grosir.
*Place (Distribusi/Penempatan Produk)
Memperluas jangkauan pemasaran ke toko-toko lokal, pasar tradisional, dan supermarket.Menjalin kerja sama dengan reseller atau agen untuk mempercepat distribusi. Memanfaatkan media digital seperti marketplace dan media sosial untuk meningkatkan penjualan online.
* Promotion (Promosi)
Menggunakan media sosial (Facebook, Instagram, TikTok) untuk memperkenalkan produk secara luas. Menciptakan branding dan desain kemasan yang menarik agar lebih mudah dikenali oleh konsumen. Mengikuti pameran atau bazar UMKM untuk memperkenalkan produk ke calon pelanggan potensial.

Dokumentasi Saat di kebun Singkong

Demikian berita acara ini dibuat untuk menjadi dokumentasi resmi atas kegiatan yang telah terlaksana.
Rimba Terab, 11 Februari  2025

Penyelenggara : Putri Anjela

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Dosen Pembimbing Lapangan:
Lena Marianti, M.Pd

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline