Lihat ke Halaman Asli

Dampak Limbah Terhadap Lingkungan Sekitar

Diperbarui: 25 Juni 2015   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula kebutuhan-kebutuhan manusia yang harus dipenuhi baik kebutuhan sandang, pangan ataupun papan. Dengan banyaknya kebutuhan-kebutuhan tersebut semakin banyak manusia yang berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing. Segala cara akan dilakukan manusia agar manusia tersebut dapat bertahan hidup dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia perlu suatu usaha yang dapat menghasilkan keuntungan bagi dirinya. Usaha-usaha itu seperti usaha dalam industri tekstil, industri logam, industri minyak dll

Tanpa disadari industri-industri itu akan berdampak pada lingkungan sekitar, kebanyakan berdampak negatif bagi lingkungan sekitar. Seperti halnya industri peleburan aki di Desa Pesarean, Jawa Tengah. Industri ini menghasilkan limbah yang mencemari lingkunagn bahkan berdampak buruk bagi kesehatan warga sekitar. Hal itu terlihat setelah dilakukan hasil uji sampel darah terhadap 50 warga desa Pesarean tahun 2011 oleh Pemerintah provinsi Jawa Tengah, tercatat 46 telah tercemar timbal dan 12 orang diantaranya dalam kondisi bahaya. Yang lebih mengkhawatirkan lagi yaitu, dari data yang diperoleh dari BPPT menyebutkan, bahwa ada lima anak di desa Pasarean yang lahir dalam kondsi yang lumpuh dan keterbelakangan mental. Selain berdampak pada manusia, makhluk lain seperti halnya tumbuhan juga terkena dampak tersebut. Banyak tumbuhan yang mati akibat terkena limbah.

Semua itu terjadi akibat dari limbah hasil peleburan aki yang menghasilakn serbuk serta bau yang sangat menyengat. Serbuk dan bau tersebut berdampak pada kesehatan warga sekitar. Meskipun pemerintah sekitar telah mengatasi masalah ini dengan cara memindahkan lokasi industri ke kawasan industri yang jauh dari permukiman. Tetapi cara itu dirasakan masih belum efektif. Tetapi pemerintah juga melakukan upaya lain yaitu memindahkan para pekerja industri peleburan aki terrsebut satu persatu ketempat yang lebih luas dan diharapkan tidak mencemari lingkungan lagi.

Kejadian yang mungkin sedikit mengerikan diatas itu, akibat dari keinginan manusia untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Usaha-usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak akan ada batasnya itu tanpa disadari akan berdampak pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu bila melakukan usaha-usaha itu pikirkan juga lingkungan sekitar, apa dampak yang akan terjadi sehingga tidak akan ada pihak yang dirugikan. Usaha-usaha itu harus disertai tanggung jawab dan pemikiran yang matang. Jadi mari kita lakukan usaha-usaha yang menghasilkan dampak positif bukan hanya untuk diri kita tetapi untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

Puranti Nur Farida

Mahasiswi Fakultas Psikologi

Universitas Padjadjaran




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline