Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM 66

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Tim PMM 66 UMM Lakukan Kegiatan Penghijauan Lingkungan

Diperbarui: 2 Agustus 2021   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Penghijauan

Kesemek merupakan salah satu desa yang berada diwilayah Kencong kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Desa Kesemek secara struktural merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari wilayah kecamatan Kencong. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat diwilayah ini didominasi oleh sektor pertanian.  Namun masih sering ditemukan beberapa titik lokasi yang masih gersang dan membutuhkan penghijauan lingkungan. 

Oleh karena itu, kami selaku mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ingin mengajak warga setempat untuk melakukan penghijauan disekitar wilayah persawahan di daerah Kesemek. Adapun tanaman yang kami tanam ditempat ini yaitu tumbuhan Waru, Cemara dan Karet Kebo.  

Waru atau yang biasa dikenal sebagai waru laut, sering disebut sebagai pohon peneduh tepi jalan atau tepi sungai dan pematang serta pantai. Walaupun tajuknya tidak terlalu rimbun, waru disukai karena akarnya tidak dalam sehingga tidak merusak jalan dan bangunan di sekitarnya. Adapun beberapa kegunaan yang digunakan dari tanaman waru untuk pengobatan adalah daun dan bunganya. Selain itu, perawatan tanaman waru ini dikenal sangat mudah dan cepat tumbuh walaupun tidak berada di daerah sekitaran pantai. 

Dokumentasi Proses Kegiatan Penghijauan

Kegiatan ini melibatkan perangkat desa dan warga setempat yang dilaksanakan pada Minggu, 1 Agustus 2021. Dalam proses kegiatan tersebut kami menanam sebanyak 30 bibit tumbuhan Waru yang disebar secara merata disekitar wilayah persawahan didesa Kesemek. Diharapkan dari hasil kegiatan penghijauan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline