Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Ukraina: Nasionalisme Mampu Memenangkan Perang

Diperbarui: 8 April 2022   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kanal Indonesia Hari Ini

Kebangkitan Nasionalisme Ukrania

Ukraina berhasil mempertahankan koordinasi yang efektif antar-medan perang, bahkan di tempat mereka kalah. Militer Ukraina mempertahankan daerah-daerah di negara mereka dengan "sangat cerdas, sangat gesit, sangat kreatif".

Fakta menunjukkan bahwa warga Ukraina melakukan apapun untuk mempertahankan negara. Rakyat Ukraina secara utuh, termasuk oposisi dan lawan politik Presiden mendukung pemerinta. Warga yang tidak berpengalaman militer siap mengangkat senjata untuk mempertahankan kota-kota mereka meskipun harus menghadapi persenjataan Rusia.


Perlawanan warga telah membuat pasukan Ukraina leluasa bertempur di garis depan, setelah mengetahui kota-kota mereka memiliki pertahanan yang bisa diandalkan.

Begitulah cara orang berjuang untuk eksistensi mereka; itu adalah cara mereka membela tanah air dan keluarga mereka. Keberanian mereka mengejutkan sekaligus luar biasa. Itulah yang kini terjadi di Ukrania. 

Nasionalisme sebagai kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. Di Ukraina, nasionalisme sedang dimuliakan. Juga patriotisme. Rakyat Ukraina berkompetisi untuk membuktikan kesetiaan dan cinta mati mereka kepada negeri.

Sumber Utama, Kompas Id

DOKPRI


Lenteng Agung, Jakarta Selatan | Saya, Opa Jappy, termasuk banyak orang Indonesia yang tidak menyukai perang dan peperangan, kecuali untuk membela kedaulatan Negara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline