mahasiswi semester dua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di UIN Raden Fatah Palembang. Dalam kegiatan praktikum mengajarnya di SD negeri 159 palembang, Oktia Qonita mengenalkan konsep perkalian.
Pada rabu, 23 april 2025, mengajarkan Menggunakan media gambar, lagu, dan permainan, anak-anak diajak untuk memahami konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang. Melalui pendekatan yang interaktif dan kreatif ini, diharapkan siswa tidak hanya menghafal hasil perkalian, tetapi juga memahami maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran berlangsung kondusif dan mampu menumbuhkan rasa ingin tahu serta semangat belajar para siswa.
Mahasiswi menyeruh anak memperhatikan
Selama sesi pembelajaran saya Qonita,menjelaskan bahwa perkalian adalah bentuk lain dari penjumlahan berulang. Agar lebih mudah dipahami, siswa diajak menghitung kelompok benda secara langsung, seperti menghitung 3 kelompok kelereng dengan isi 4 butir di tiap kelompok, yang berarti 3 4 = 12. Guru juga menggunakan media gambar dan alat bantu nyata agar anak-anak lebih mudah memahami.
Mahasiswi berfoto bersama anak SD negeri 159 palembang
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI