Lihat ke Halaman Asli

Nurwendo Haricahyadi

Anak Kolong Yang Gemar Menulis

Otentikasi Setiap Awal Bulan

Diperbarui: 6 November 2022   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption

Selamat pagi sobat,

Pensiunan macam saya ini setiap awal bulan harus melakukan Otentikasi.

PT TASPEN dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan/program bagi para pensiunan ASN maupun pensiunan pejabat tinggi negara, mengeluarkan sebuah program Digitalisasi Layanan TASPEN yang mengintegrasikan informasi data peserta, keluarga peserta, mutasi dan hitungan pembayaran secara digital.

Salah satu layanan digital unggulan PT TASPEN, yakni berupa aplikasi Taspen Otentikasi yang memudahkan bagi para pensiunan untuk melakukan pembuktian fisik pembayaran hak pensiunnya hanya dengan mengarahkan kamera smarphone pada wajah peserta, tanpa harus datang ke kantor mitra bayar dari PT TASPEN.

Aplikasi Taspen Otentikasi memanfaatkan data biometric peserta yang berifat unik untuk setiap individu sehingga pembayaran hak pensiun terhindar dari kekeliruan.

Semalam, saya baru ingat belum melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 pada aplikasi Otentikasi yang ada dalam handphone saya.

Kemudian saya buka aplikasi Otentikasi tersebut lalu memasukan nomor NOTAS dan selanjutnya saya mengikuti instruksi pada aplikasi. Instruksi tersebut berturut turut meminta saya untuk mengarahkan wajah ke dalam lingkaran lalu saya dininta untuk menganggukkan kepala, mengedipkan mata, menggelengkan kepala dan mengucapkan huruf A.

Otentikasi akan berhasil bila wajah kita sesuai dengan data biometrik yang sudah terekam dalam aplikasi.

Tak butuh waktu lama, saya berhasil melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 ini. Alhamdulillah ..

Seperti yang pernah saya baca di www.taspen.co.id (12/07/2021) bahwa dengan melakukan otentikasi melalui aplikasi, pensiunan dapat mengambil uang/gaji pensiun melalui ATM.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline