Lihat ke Halaman Asli

Strategi Jitu 4P Guna Meningkatkan Penjualan

Diperbarui: 10 Agustus 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa UNDIP Mengedukasi UMKM Menggunakan Strategi 4P Untuk Mengembangkan UMKM

 

Rabu, 4 Agustus mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan mengedukasi pelaku usaha UMKM Kaligrafi Bambu ke Desa Putatsari Kabupaten Grobogan tepatnya di Dusun Ketileng mengenai pentingnya Strategi 4P Guna Meningkatkan Penjualan.

esa Putatsari adalah salah satu desa yang berada di Kabupaten Grobogan yang sebagian besar masyarakatnya masih kurang dalam pengetahuan dan pemahaman mengenai strategi-strategi yang dapat di gunakan dalam berbisnis khususnya untuk meningkatkan penjualan.

Program di awali dengan melakukan kunjungan kesalah satu UMKM yang ada di Dusun Ketileng yaitu UMKM Kaligrafi Bambu. Salah satu usaha yang unik dan menarik karena proses produksi memanfaatkan limbah kayu yang di jadikan beberapa kerajinan yaitu bangku, mainan dari kayu dan yang paling menarik adalah kaligrafi dari bambu. Kaligrafi tersebut terbuat dari potongan bambu yang di bentuk dan di susun rapi menjadi kaligrafi yang cantik. Dengan alat dan tempat produksi yang sederhana cakupan pasar usaha kaligrafi bambu tersebut sangatlah luas dan tidak main-main, tidak hanya luar jawa atau pulau tetapi sangat membanggakan usaha ini sudah masuk dalam pasar internasional. Dalam beberapa kesempatan pelaku usaha Bapak Rizky ini di undang dan di tarik oleh beberapa pembisnis dan beberapa negara.

Dengan di sayangkan pelaku masih kurang pemahaman mengenai strategi-strategi dalam menjalankan usaha. Dengan itu program 2 ini bertujuan dan bermaksud untuk mengedukasi UMKM mengenai strategi 4P yang dapat di terapkan dalam usaha guna meningkatkan penjualan dan membantu mengembangkan UMKM. Salah satunya mengenai produk dan pentingnya sebuah nama atau merek suatu usaha, dalam program ke 2 ini mahasiswa UNDIP membantu untuk membuatkan nama merek usaha dengan membuatkan banner UMKM yang bertujuan agar usaha tersebut lebih di kenal oleh masyarakat luas dan juga menampilkan informasi yang menarik mengenai produk-produk yang di tawarkan.

Program ini di harapkan dapat membantu mengembangkan UMKM yang ada dengan menerapkan strategi 4P (Product, Price, Promotion, Place) dan tentunya membantu meningkatkan penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline