Lihat ke Halaman Asli

Melihat Kisah Sukses Kopi Kenangan

Diperbarui: 29 Januari 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

4 tahun terakhir ini tren kopi sangat digandrungi di Indonesia, hal tersebut ditandai dengan banyaknya masyarakat yang memulai bisnis coffee shop.

Mulai dari tema lokal nusantara, tema industrial, sampai tema internasional.

Yaa, semua konsep tersebut hanyalah sebatas gimik pemasaran untuk meningkatkan daya tarik dan menggaet banyak konsumen, salah satunya adalah kopi kenangan.

Dimana kedai kopi ini terfokus untuk menawarkan produk kopi yang berkualitas tinggi dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas dengan harga yang terjangkau.

Salah satu kunci sukses Kopi Kenangan mampu bersaing dengan kedai kopi lainnya, untuk mendatangkan banyak pelanggan, terletak pada strategi branding yang kuat.

Sebelumnya nama "Kopi Kenangan" sendiri terinspirasi dari sebuah produk yang ditemui dan produk itu memiliki kata kenangan.

Selain itu, nama tersebut dipilih karena kata kenangan mempunyai arti yang mendalam bagi pendiri kopi kenangan.

Ide membangun bisnis kopi muncul berdasarkan pengalaman pemilik kopi kenangan yaitu Edward Tirtanata sebagai peminum kopi.

Saat itu dia merasa tidak menemukan gerai kopi yang menyediakan kopi berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebab, menurut ia hal terpenting dari minuman kopi adalah bukanlah fasilitas melainkan kualitas minuman itu sendiri.

Berawal dari modal hasil patungan bersama rekannya dan terkumpul sebesar Rp 150 juta.

Akhirnya ia mencoba membuka gerai pertama kopi kenangan yang berlokasi di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline