Lihat ke Halaman Asli

Nathan Bulang

Perang Kefanaan

Sumba Jadi Rebutan, Nyawa Jadi Taruhan

Diperbarui: 6 September 2018   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com/Markus Makur

Mengenang Tragedi Marosi Yang Menewaskan Poro Duka

Pulau sumba terletak di selatan indonesia di daerah administrasi provinsi Nusa Tenggara Timur dengan luas wilayah 10.710 km2. Pulau Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di sebelah timur dan Australia di sebelah selatan dan tenggara, selat sumba terletak di bagian utara dan di bagian timur terletak laut sawu serta samudera Hindia terletak disebelah selatan dan barat (Wikipedia.org diakses pada 11/5/2018).

Pulau cantik diselatan ini identik dengan padang sabana yang luas, kuda sandlewood yang gagah dan kuat, kultur budaya yang masih sangat terpelihara dengan baik yang dibuktikan dengan peninggalan zaman batu yang masih dipertahankan sampai dengan saat ini dan aliran kepercayaan marapu yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang masih terpelihara hingga dengan saat ini. 

Keaslian rumah adat dan kampung adat masih dipertahankan meski ditengah arus golabalisasi yang deras. Keindahan alam disertai identitas khas negeri marapu ini membius setiap orang yang berkunjung kesana membuat pulau ini menjanjikan hiburan dunia pariwisata yang sangat menggiurkan.

Keunikan pulau Sumba membuatnya dilabeli dengan berbagai predikat dari berbagai pihak. Pada tahun 2015 CNN merilis 100 pantai terindah didunia, pantai Nihiwatu sumba Barat tembus 100 pantai terindah dimana ia menempati urutan ke 17 (detik.com). 

Selanjutnya tahun 2016, majalah bergengsi yang bermarkas di New York AS bernama travel + Pleisure menempatkan Hotel Nihiwatu Sumba sebagai hotel terbaik nomor 1 dunia dari ajang "world's Best Travel Awards 2016". Selanjutnya pada masih dengan predikat yang sama yaitu hotel terbaik nomor 1 di dunia juga diraih pada tahun 2017 oleh majalah yang sama.

Tidak hanya sampai disitu, pada tahun 2018, majalah Focus di Jerman merilis pulau terbaik dan menempatkan pula sumba sebagai pulau terindah didunia. Selain dengan penghargaan predikat, bermodal latar alam yang eksotis dan budaya serta corak hidup yang khas, banyak sekali produser perfilman yang tertarik untuk syuting filmnya di pulau ini. 

Sebut saja film pendekar tongkat emas, film Marlina si Pembunuh empat babak yang diperankan oleh Marsya Timoty tahun 2017 dilanjutkan dengan film garapan Ersnest Prakasa dengan judul susah sinyal serta beberapa film pendek dan film loka lainnya.

Kronologi Penembakan warga Lamboya Sumba Barat bernama Poro Duka Oleh Polres Sumba Barat (Sumber : tirto.id)

Dengan begitu banyak keunikan akan pulau ini, Alam yang eksotis dan kultur budaya masih segar di tengah terjangan modernisasi mengundang banyak investor melakukan inventasi. 

Sayangnya skema investasi yang diterapkan tidak menjaga kearifan lokal dan kultur budaya sebagai ciri khas pulau ini, serta sering kali diwarnai dengan perampasan lahan baik lahan pertanian, padang peternak, maupun tanah ulayat tempat pelaksanaan ritual adat istiadat. Nuansa investasi yang melanda rakyat kecil tidak pro rakyat, malah menyisakan perih di ujung jantung rakyat.

Nusa Tenggara Timur umumnya saat ini darurat agraria, reforma agraria yang dicanangkan pemerintahan jokowi-JK tidak efektif membantu rakyat lebih khususnya kaum tani untuk menemukan haknya dalam mengelola lahan pertanian dan hak agraria lainnya. NTT akhir-akhir ini penuh dengan konflik agraria yang dilancarkan dengan skema penjarahan lahan rakyat baik tanah ulayat maupun tanah pertanian dan penjarahan Sumber Daya Alam. Aktor diballik mafia agraria ini tentu adalah pemerintah yang diperalat oleh kaum kapitalis.

Di Lamboya sendiri sangat marak dengan penjarahan tanah oleh pemerintah yang diperalat oleh investor, bahkan seluruh pesisir pantai bagian selatan di Lamboya sudah kuasai oleh investor yang tidak bertanggungjawab. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline