Lihat ke Halaman Asli

Nadia

Mahasiswa Universitas Palangka Raya

Tentang Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

Diperbarui: 1 Desember 2022   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian

Pasar monopolistik adalah pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas yang sama namun berbeda karakteristiknya.

Pasar monopolistic umunya terjadi di semua pasar baik tradisional maupun modern.Struktur pasar ini merupakan bentuk pasar secara nyata, dengan ciri-ciri dari jenis pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna. Dalam buku Teori Ekonomi (Pendekatan Micro) (2018) karya Jun Surjanti dan kawan-kawan, pasar monopolistik adalah pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas berbeda karakteristiknya. 

Pada jenis pasar ini, produsen menawarkan satu jenis barang dengan berbagai ciri produk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk, dan ukuran yang terdapat banyak penjual dan banyak pembeli serta barang yang dijual terdiferensiasi (ada perbedaan/tidak sama persis).

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

Mengetahui ciri-ciri pasar persaingan monopolisti tersebut. Berikut beberapa ciri-ciri pasar monopolistic dibawah ini:

 * Terdapat banyak penjual dan banyak pembeli.

* Barang yang dijual terdiferensiasi dan beragam.

* Produknya memiliki substitusi.

* Tidak ada hambatan masuk ke dalam pasar.

 * Harga antara satu penjual dengan penjual lainnya berbeda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline