Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Teori Komunikasi dan Macam-macamnya

Diperbarui: 4 April 2017   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nama; Muammar Arifin

Nim;2013230040

Fakultas; IlmuSosial Dan Politik

Prodi; IlmuKomunikasi

TEORI KOMUNIKASIpadadasarnyasangatdibutuhkandalammenerapkansuatukomunikasibaikkomunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, ataupunkomunikasimassakarenakegunaandariteorikomunikasisebagaipenjelasdanpemberisuatuinformasiterhadapobjek-objekkomunikasidan agar supayaparakomunikan bisa menyerapdengansangatapa yang disampaikanolehkomunikatoradapun yang sangatdibutuhkandalamkomuikasitermasukdalammenerapkanteorikomunikasiadalahkomunikator, media, pesan, pemirsadanumpanbalik. Dan darikesekian element komunikasi yang paling banyakmempunyaiperanpentingdalam proses berkomunikasiadalahseorangkomunikatorjikaseorangkomunikatorhandalmakaumpanbaliknyaakantercapaidengansangatbaik.Dan yang palingpentingdalamteorikomunikasiadalahbagaimanakitabiasmembangunkomunikasitersebutdenganbaikdanjelas.

Ada banyakparapakarilmukomunikasi yang menjelaskantentangteorikomunikasi di antaranyaadalah;

a)CRAGAN & SHIELDS, 1998)

Teorikomunikasimerupakanhubungan di antarakonsepteoretikal yang membantumemberi, secarakeseluruhanataupunsebabagiannya, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaianataupunramalantindakanmanusiaberdasarkankomunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dansebagainya) untukjangkamasatertentumelalui media.

b)LITTLEJOHN, 1996

Teorikomunikasiadalahsatuteoriatausekumpulan "pemikirankolektif" yang didapatidalamkeseluruhanteoriterutamanya yang berkaitan proses komunikasi

c)BORMAN, 1989

Teorikomunikasiadalahsatuperkataan /istilah yang merupakanpayinguntuksemuaperbincangandananalisis yang dibuatsecaraberhati-hati, sistematikdansadar, tentangkomunikasi.

Teorikomunikasibanyak yang menjelaskandariberbagaikalanganterutamadarikalanganpakar-pakarilmukomunikasidandaridefinsi-definisi di atastersebutsayabiasmenyimpulkanbahwateorikomunikasiadalahrelasidariberbagaikonsep-konsepkomunikasi yang adadanditerapkansecarakeseluruhanatausebagianolehparakomunikator yang adakaitannyadengan proses komunikasi.

Menjelaskantentangteorikomunikasitentunyaada yang ganjaljikakitatidakmenjelaskanjugamacam-macamdari teori komunikasiitusendirikarenasejakteorikomunikasimunculadabanyak orang yang mengutarakanpendapat, dan dibagimenjadiberbagaimacam-macamteorikomunikasi.

Dibawahiniadalahsebagianbanyaktentangmacam-macamteorikomunikasi di antaranyaaadalah;

1.Teoribehaviorisme

Ilmuwankomunikasi yang mendukungtoeribehaviorismeiniadalahJhonB.watson (1878-1958) ilmuwanini di Amerikadisebutsebagaibapakbehaveorisme, teoriinimenyebutkanbahwadarisemuaprilaku, termasuktindakbalasan atau yang dikenaldenganresponitusemuaditimbulkandariadanyarangsangan (stimulus), pernyataantersebutkitabiasmenyimpulkanbahwajikasuaturangsangantelahdiamatidandiketahuimakarespondariseseorangtersebutakanmudahdandapatdiprediksikan, darisetiapprilakudapatkitapelajari melaluihubungan stimulus danjugarespon.

2.TeoriInformasi

Teoriinformasiiniadalahsebagiandariteorikomunikasi yang klasik, teoriinimerupakanbentukpenjabarandarikaryaClaude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949), dalamteoriinidisebutkanbahwakomunikasisebagaitranmisipesandanbagaimana transmitter menggunakansalurandan media dalamberkomunikasi di dalamteorikomunikasiinformasiinimenitikberatkanpadasaluranatau media yang digunakanoleh transmitter jikasinyaldalam media initidakbaikmaka proses komunikasitersebutakantidaklancerbegitupunjugasebaliknya.

3.Teori agenda setting

Teoriinihampersamadenganteoriinformasikarenadalamteori agenda setting inisama-samabergantungpada media, teoriinidiperkenalkanolehMcCombs dan DL Shaw (1972). Toeriiniberargumenbahwa media sangatmembertekanankepadasuatuperistiwa, dariperistiwaitu media mengangkatperistiwatersebutdanmempengaruhikhalayakuntukmenganggapperistiwatersebutpenting.Kesimpulannyajikahalapa yang dianggappentingoleh media, makapentingjugabagikhalayak(masyaakat).

4.Teori uses and gratifications(kegunaandankepuasan)

Teoriyang dikemukakanoleh Herbert BlumerdanElihu Katz (1974).Dalamteoriinihal yang di utamakanadalahpengguna media, pengguna media mempunyaiperanaktifdalamteoriini, untukmemilihdanmenggunakan media tersebut.

5.Teoridependensiefekkomunikasimassa

Teoridependensiefekkomunikasidikembangkanoleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976), teoriinilebihmenfokuskankepadakondisistructuraldalamsuatumasyarakatdaristructuralmasyarakatinikecenduranganakanterjadisuatuefek media massa. Teoriinibisa diakusisiolehparakomunitasmasyarakat modern dan bagaimana masyarakat modern mempunyaianggapanbahwa media massaadalahpusatinformasi yang mempunyaiandilpentingdalam proses memelihara, perubahan, dankonflikdalamtataranmasyarakatdanmasalahperorangandalamsuatuaktivasi sosial.

Sebagianbesarpenelitianterhadapefekkomunikasimassa bisa dirumuskansebagaiberikut;

·Kognitif; pembentukansikapsertamemperluaskeyakinanterhadapmasyarakat

·Afektif; berusahamembuatmasyarakatketakutandancemas, serta meningkatkanataumenurunkandukungan moral.

·Behavioral; menggerakkandanmengaktifkanpembentukansuatuisutertentuuntuksuatuaktivitasmasyarakat.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_komunikasi_info2069.html

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline