Lihat ke Halaman Asli

Felix Tani

TERVERIFIKASI

Sosiolog dan Storyteller Kaldera Toba

Ketika Sandiaga Terserap "Menjadi Emak-emak"

Diperbarui: 15 September 2018   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto: Regional Kompas)

Dua kisah viral dari Sandiaga Uno, bakal calon cawapres untuk Pilpres 2019, baru-baru ini.

Pertama, kisah tentang Bu Lia dari Pekanbaru, Riau yang "dimarahi suami gara-gara uang belanja Rp 100 ribu hanya beli bawang dan cabai".

Kedua, kisah tentang Bu Yuli dari Duren Sawit, Jakarta yang mengeluh "tempe sekarang  setipis kartu ATM".

Pesannya jelas, harga-harga sembako sekarang naik, karena nilai rupiah terhadap dollar AS terpuruk dan sebagian sembako diimpor, termasuk bawang, cabai, dan kedelai sebagai bahan baku tempe.

Sayangnya, ketimbang membahas isu tersebut, khalayak lebih suka-ria memperolok ujaran "Rp 100 ribu bawang dan cabai" dan "tempe setipis kartu ATM" tadi. 

Pesan bagus dari Sandiaga menjadi tak tersampaikan dengan baik. Yang terjadi justru dia diterpa perundungan di dunia medsos.

Sisi bagusnya, kalau manut falsafah "untung"-nya orang Jawa, Sandiaga menjadi lebih terkenal luas seantero nusantara. Tingkat "keterkenalan"-nya naik drastis dan itu bagus sebagai modal untuk Pilpres 2019 nanti.

Tapi sebagus-bagusnya keterkenalan karena ujaran yang dinilai "konyol", tetap lebih bagus keterkenalan karena ujaran yang dinilai "cerdas". 

Contoh ujaran cerdas adalah respon Erickh Tohir terhadap perundungan dirinya sebagai "stuntman cawapres", "Stuntman kan bagus. Nggak ada stuntman, nggak ada film action". Nah, jawaban khas "millenial citizen", bikin pendengarnya tambah sayang.

Apa sejatinya yang salah dengan ujaran atau dua kisah Sandiaga? Bukankah dia telah "jujur" mengungkapkan apa yang disebutnya sebagai "suara emak-emak", atau kerennya, "aspirasi warga"?

Ya, mungkin memang jujur, tapi tampaknya ada satu masalah di situ, yaitu masalah "going native". Ini masalah khas yang bisa menimpa "orang luar" yang masuk ke dalam suatu komunitas untuk mendapatkan pemahaman tentang persoalan-persoalan komunitas itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline