BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis dalam menciptakan, mengkomunikasikan, pengiriman, dan penciptaan nilai baik bagi konsumen, pelanggan, rekanan dan masyarakat yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Menurut Apri Budianto (dalam Penerbit Ombak 2015) Artinya manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian terhadap program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran (target market) dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Pemasaran digital adalah cara mempromosikan produk atau layanan melalui media digital seperti media sosial, e-mail, dan situs web. Dalam pemasaran digital, hal yang penting adalah menarik perhatian konsumen, membangkitkan minat, membangun keinginan, dan mendorong mereka untuk bertindak, yang sering dikenal dengan istilah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dengan menggunakan strategi seperti pemasaran konten dan pengoptimalan mesin pencari (SEO), perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien. Menurut Ryan (2016), pemasaran digital memungkinkan brand untuk terhubung langsung dengan pelanggan, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan.
Sebagai usaha yang dilakukan penjualan dirumah, Home Store buket sahara juga memerlukan analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian terhadap penjulan yang akan di jalankan, sehingga bisa mencapai target.
2.1.1 Fungsi Manajemen Pemasaran
Menurut Aditama (2020) dalam (Musnaini 2021:13) fungsi manajemen pemasaran yaitu:
Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.
Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusuan atau alokasi sumber daya organisasi dalam bentuk desain organisasi atau struktur organisasi ssuai dengan tujuan perusahaan yang tertuang di dalam visi dan misi perusahaan, sumber daya organisasi, dan lingkungan bisnis perusahaan tersebut.