Lihat ke Halaman Asli

5 Tips Penting Memilih Rumah Pertama Anda

Diperbarui: 17 September 2018   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gloopa.com

5 Tips penting memilih rumah pertama ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Karena memilih rumah pertama susah susah gampang maka rasanya perlu untuk memberikan sedikit pengalaman saya ini supaya bisa dijadikan rujukan awal untuk pembaca. Apabila dalam memilih rumah tidak tepat saya pikir itu sebuah hal yang sangat disayangkan.

Tidak banyak bagi pasangan muda indonesia yang ketika menikah , sang suami atau istri sudah memiliki rumah untuk  ditempati. Penghasilan yang belum besar dan pengaturan keuangan keluarga  yang belum jelas membuat setiap pasangan muda ragu untuk memilih rumah  idaman mereka yang pertama. Hal ini hampir dialami 70% pasangan muda.

Atur Strategy Rumah Idaman Pertama mu

Untuk mendapatkan rumah idaman yang pertama hampir mirip ketika  mencari pasangan hidup. Cari yang sesuai dengan kamu itu paling penting  kan ? . Cantik tapi tidak pengertian , kaya tapi tidak keibuan, ganteng  sudah bekerja tapi banyak menuntut dan banyak hal lain dimana kelebihan  tetapi ada kekurangan yang jangka panjang akan membuat sulit.

Cara Menemukan Rumah Idaman Yang Pertama

Mencari rumah idaman adalah rumah yang menunjang kehidupan keluarga anda. tidak harus mewah tidak harus mahal.

Spesifikasi Rumah Yang Sesuai Dengan kebutuhan

Spesifikasi rumah yang tepat sangat penting. karena spesifikasi akan  berpengaruh langsung terhadap harga dan biaya perwatan. Bila kita  membelinya dengan kredit pertimbangan pula besaran bebean bunga yang  akan ditanggung. Berikut spesifikasi rumah yang penting :

A.Jalan Masuk Perumahan Ke Calon Rumah Pertama Anda

Idealnya jalan yang menuju lokasi  rumah anda memiliki lebar minimal 6  meter namun demikian bilapun tidak 4  meter adalah lebar yang cukup agar  mobil bisa berpapasan secara  bergantian. Pastikan jalan yang melalui  calon rumah anda adalah juga  jalan umum / fasilitas umum bukan milik  perorangan. Karena bila milik  perorangan maka suatu waktu jalan itu  ditutup maka anda tidak bisa  berbuat apa-apa. Banyak kasus akhir-akhir  ini dimana jalan menuju rumah  ditutup tetangganya seperti yang muncul dalam pemberitaan akhir-akhir  ini.

B. Fasilitas Umum Seperti Pendidikan, Pasar, Transportasi & Rumah sakit dekat Calon Rumah Pertama Anda

Ke  Empat fasilitas diatas hampir merupakan menu wajib bagi anda yang  akan  memilih rumah. Misal saja bila anda memiliki rumah yang mewah namun   jauh dari ke 4 fasilitas ini. Maka anda akan direpotkan oleh pemenuhan   kehidupan sehari-hari. Dan perlu diingat pemenuhan kehidupan  sehari-hari  tidak bisa ditunda karena bersifat rutin. Rumah yang bagus  namun jauh  dari 4 fasilitas diatas bisa membuat anda tidak betah dan  menjadikan  rumah bagus itu tidak nyaman. Tentu saja anda tidak ingin  rumah idaman  anda sperti cerita diatas.

C. Air Dan Listrik Di Calon Rumah Pertama Anda

kedua fasilitas ini mungkin terdengar spele tapi jangan salah  kompenen ini sangat pokok untuk sebuah rumah yang akan anda Huni. Hampir  bisa dipastikan tanpa kesediaan listrik dan air bersih rumah anda tidak  akan menjadi rumah idaman. Perlu diperhatikan bila air bersih PDAM  belum tersedia di calon rumah anda. Silahkan uji lab air tanah anda ke  dinas lingkungan hidup setempat. mengapa demikian karena bila air tanah  anda penuh dengan cemaran seperti kadar tinja, bakteri ecoli, logam  berat dan sebagainya jangankan untuk minum, untuk mandi dan cuci pun  anda harus berfikir dua kali

Sekolah anak juga hal yang penting. ketika anak sudah mulai berumur  6-7 tahun tidak bisa tidak menyekolahkan anak , mengantar dan  menjemputnya adalah rutinitas wajib harian. bila sekolah dekat dengan  rumah itu akan menjadi suatu "kemewahan" tempat tinggal anda. karena  akan membuat pengaturan rumah tangga anda lebih mudah

D. Rumah Ibadah dan Kantor Pemerintahan Dekat Calon Rumah Pertama Anda

Ini juga nilai tambah lain yang bagi sebagiabn orang menjadi  kebutuhan dasar. tentu saja bila rumah kita dekat dengan tempat ibadah  dan kantor pemerintahan. Pengurusan surat menyurat menjadi lebih mudah  dan urusan ibadah juga bisa lebih nikmat untuk ditunaikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline