Lihat ke Halaman Asli

Ilham

Seorang blogger.

Cara Mengobrol dengan Orang Lain (untuk Pemula)

Diperbarui: 29 Juli 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by saeed karimi on Unsplash

Mengobrol dengan orang lain yang sehat dan baik itu kalau dilakukan secara langsung atau bertatap muka. Lalu, mengobrol secukupnya saja, jangan berlebihan karena seperti yang kita semua tahu (mungkin), "Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, walaupun sesuatu yang dimaksud itu adalah hal yang baik."

Mengobrol itu memang salah satu kegiatan yang bagus untuk dilakukan, apalagi kalau mengobrol dengan cewek yang kita sukai, tapi lakukan secukupnya saja walaupun kita menyukainya. Saya lumayan suka mengobrol akhir-akhir ini, tapi bukan dengan cewek yang saya sukai. Haduh... (1)

Mengobrol atau berkomunikasi secara baik-baik menggunakan kekuatan bahasa bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh kedua bilah pihak. Misalnya salah satu kakimu tidak sengaja diinjak oleh orang lain yang memakai sepatu sepak bola di jalan aspal, daripada kamu langung emosi dan mengeluarkan amarah, lebih baik kamu rasakan saja lebih dulu rasa sakitnya dan katakan, "Aduh!"

Lalu, tertawa saja dan bilang kepada orang yang memakai sepatu sepak bola di jalanan aspal tersebut kalau, "Nggak apa-apa." (Padahal dari hati yang paling dalam, kamu tidak baik-baik saja).

Menggunakan emosi amarah dan meninggikan nada suaramu hanya karena hal sepele yang tidak sengaja terjadi malah akan membuat keadaan semakin sulit kalau orang yang kamu marahi juga adalah orang yang tidak bisa menahan emosi amarahnya.

Selesaikan saja dengan santai, apalagi kalau masalah tersebut hanya masalah sepele saja. Tidak ada perlunya mencurahkan pikiran kita untuk sesuatu yang sepele, buang-buang energi saja.

Lebih baik segera melanjutkan tujuanmu berjalan kaki saja karena cewek yang kamu sukai sudah menunggu kencan kalian berdua. Ea... (2)

Tips: gosok gigi lebih dulu kalau mau mengobrol, apalagi kalau dengan cewek yang kamu sukai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline