Lihat ke Halaman Asli

M. Anshari Akbar

Penikmat Sepakbola

Dulu Terbuang, Kini Terbaik

Diperbarui: 18 Februari 2021   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

James Rodriguez, terbuang di Real Madrid, terbaik di Everton. (via marca.com)

Menjadi sebuah klub terbaik, memang mengharuskan untuk memiliki pemain terbaik pula. Hal ini membuat banyak klub sangat selektif ketika memilih pemain untuk menjadi pemain utama atau hanya sebagai pemain pelapis. Bahkan untuk pemain yang dilepas dan direkrut sekali pun harus selektif.

Ini merupakan hal yang wajar karena sebuah klub tidak akan pernah membuang uang hanya untuk menampung pemain yang tidak berguna bagi tim. Kadang pemain yang tidak dibutuhkan oleh tim, akan dilepas secara permanen atau hanya dipinjamkan ke klub lain. Skema peminjaman pemain memberikan indikasi bahwa sang pemain masih diberikan kesempatan untuk bergabung lagi dengan tim utama suatu saat.

Di sisi pemain, banyak alasan yang membuat seorang pemain tidak bisa menjadi pilihan utama dalam tim. Yang paling banyak alasannya adalah karena tidak mampu beradaptasi dengan skema permainan yang diterapkan oleh sang pelatih.

Sudah banyak kasus, seorang pemain yang direkrut karena tampil luar biasa dengan klub lamanya, ketika bermain untuk klub baru tidak bisa berkembang. Selain karena skema permainan yang tidak cocok, suasana di luar lapangan juga sangat berpengaruh. Biasanya tingkat kenyamanan seorang pemain akan berpengaruh besar terhadap performa di lapangan.

Tidak heran kenapa seorang pemain yang tampil luar biasa bersama sebuah klub, terus pindah ke klub baru dan tampil buruk. Kemudian pindah ke klub baru lagi, dan tampil apik lagi.

Berikut beberapa pemain yang pernah "dibuang" oleh klub besar, namun mampu tampil luar biasa bersama klub lainnya. Beberapa kasusnya terjadi di klub Liga Premier Inggris. Dimana seorang pemain yang "terbuang" di masa lalu, mampu menjadi yang "terbaik" musim ini bersama klub di Liga Premier Inggris.

1. James Rodriguez

James Rodriguez. (via transfermarkt.com)

Pemain 29 tahun ini saat ini menjadi aktor penting dibalik bangkitnya Everton musim ini. Seperti yang sudah diketahui, James Rodriguez merupakan pemain buangan dari 2 klub besar sekaligus yaitu Real Madrid dan Bayern Munchen. Awalnya Real Madrid tidak menggunakan jasa James, hingga dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Berharap Bayern Munchen bisa membeli secara permanen, akhirnya James dikembalikan ke Real Madrid. Akhirnya pada awal musim ini Everton menyelamatkan karir pemain timnas Kolombia ini dan tampil luar biasa musim ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline