Lihat ke Halaman Asli

MALIONEWS

Freelance aja dah..

WhatsApp vs Telegram

Diperbarui: 5 Maret 2018   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Capture layar Iphone, dokumentasi monyoku.com

Apakah kalian pengguna aplikasi Whatsapp ? Aplikasi yang hingga saat ini tanpa ada iklan sangat membuat pengguna nyaman. Terlebih lagi aplikasi ini mudah digunakan tanpa panduan yang ribet. Selain aplikasi Whatsapp apakah kalian menggunakan Telegram ? Aplikasi yang fungsinya sama dengan Whatsapp memiliki fitur yang saya rasa lebih menguntungkan.

Ini merupakan pengalaman selama saya menggunakan kedua aplikasi tersebut di perangkat Ios, mungkin saja akan ada perbedaan pendapat mengenai hal ini. Telegram sendiri pertama kali saya menggunakan pada perangkat desktop. Jadi saat menggunakan aplikasi Telegram pada desktop tidak perlu membutuhkan koneksi pada aplikasi di smartphone. Ini cukup menyulitkan pengguna Whatsapp saat memiliki koneksi pada perangkat desktop saja.

Selain itu saat mengirimkan sebuah file berupa video melebihi maksimal file video pada aplikasi Whatsapp. Whatsapp sendiri memiliki maksimal ukuran file 60 MB sedangkan Telegram percobaan yang pernah saya lakukan mengirim file video berukuran sekitar 130 MB  masih bisa terkirim.

Pada aplikasi Whatsapp file berupa foto akan otomatis resize menjadi ukuran yang lebih sedikit. Hal ini bagi saya menguntungkan untuk menghemat kuota. Sedangkan pada aplikasi Telegram saya belum pernah mengukurnya, bagaimana menurut Kamu ?

Nah, itu sedikit opini saya setelah menggunakan kedua aplikasi tersebut. Whatsapp dan Telegram, dan keduanya masih terinstal pada perangkat saya. Bagaimana dengan Kamu ? Apakah menggunakan kedua aplikasi tersebut ?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline