Mohon tunggu...
MALIONEWS
MALIONEWS Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance aja dah..

Baca sebuah cerita yang memuat informasi gaya MALIONEWS. Jangan hanya baca saja, tetapi menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

WhatsApp vs Telegram

4 Maret 2018   01:35 Diperbarui: 5 Maret 2018   15:40 800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Capture layar Iphone, dokumentasi monyoku.com

Apakah kalian pengguna aplikasi Whatsapp ? Aplikasi yang hingga saat ini tanpa ada iklan sangat membuat pengguna nyaman. Terlebih lagi aplikasi ini mudah digunakan tanpa panduan yang ribet. Selain aplikasi Whatsapp apakah kalian menggunakan Telegram ? Aplikasi yang fungsinya sama dengan Whatsapp memiliki fitur yang saya rasa lebih menguntungkan.

Ini merupakan pengalaman selama saya menggunakan kedua aplikasi tersebut di perangkat Ios, mungkin saja akan ada perbedaan pendapat mengenai hal ini. Telegram sendiri pertama kali saya menggunakan pada perangkat desktop. Jadi saat menggunakan aplikasi Telegram pada desktop tidak perlu membutuhkan koneksi pada aplikasi di smartphone. Ini cukup menyulitkan pengguna Whatsapp saat memiliki koneksi pada perangkat desktop saja.

Selain itu saat mengirimkan sebuah file berupa video melebihi maksimal file video pada aplikasi Whatsapp. Whatsapp sendiri memiliki maksimal ukuran file 60 MB sedangkan Telegram percobaan yang pernah saya lakukan mengirim file video berukuran sekitar 130 MB  masih bisa terkirim.

Pada aplikasi Whatsapp file berupa foto akan otomatis resize menjadi ukuran yang lebih sedikit. Hal ini bagi saya menguntungkan untuk menghemat kuota. Sedangkan pada aplikasi Telegram saya belum pernah mengukurnya, bagaimana menurut Kamu ?

Nah, itu sedikit opini saya setelah menggunakan kedua aplikasi tersebut. Whatsapp dan Telegram, dan keduanya masih terinstal pada perangkat saya. Bagaimana dengan Kamu ? Apakah menggunakan kedua aplikasi tersebut ?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun