Lihat ke Halaman Asli

Mahima Naraiswari

saya seorang mahasiswa

Pelecehan Seksual pada Media Sosial

Diperbarui: 11 Agustus 2022   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara umum era digital adalah suatu zaman yang dimana berada dalam kondisi perekembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital atau seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih.Berkembangnya era digital banyak merubah teknologi teknologi masa lalu. 

Tentu yang sangat berubah yaitu pada bidang komunikasi. Dulu kita hanya bisa berbicara lewat telepon genggam namun sekarang kita sudah bisa menelepon seseorang dengan smartphone dan bisa juga saling menatap wajah atau yang bisa kita sebut videocall. Selain itu banyak juga perubahan-perubahan terjadi, contohnya yaitu munculnya aplikasi aplikasi baru yang kita sering sebut dengan media sosial

Media sosial memfasilitasi para penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan,foto, dan video dan para penggunanya juga dapat melakukan berbagai aktivitas sosial. Di dalam media sosial kita dapat memperoleh informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain. 

Media sosial sangat mudah diakses oleh berbagai kalangan. Cukup dengan bermodalkan smartphone dan internet, kita sudah bisa mengakses media sosial. Mudahnya mengakses media sosial ini lah yang menyebabkan banyaknya kejahatan yang dilakukan. Salah satunya yaitu pelecehan seksual.

Pelecehan seksual bersifat tidak diharapkan tindakannya sehingga menyebabkan orang orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman,risih,dan terganggu. Pelecehan seksual juga bersifat memaksa sesuatu yang bersifat seksual. Betuk pelecehan seksual diabgi menajdi dua yaitu verbal dan non verbal. 

Di dukung nya oleh perkembangan zaman, pelecehan seksual verbal kerap terjadi di media sosial. Banyak contoh yang bisa akita temui jika kita terus berselancar dalam media sosial. Komentar komentar postingan kearah seksual dapat ditemui di setiap media sosial. 

Pengiriman gambar porno tanpa persetujuan penerima, menyebarkan video seksual, dan ancaman kekeran seksual non fisik juga termasuk kedalamnya. Banyak orang belum paham mengenai pelecehan seksual pada media sosial ini. Tak jarang ada orang yang mendukung orang lainnya untuk melakukan pelecehan seksual.

Maka dari itu, kita harus memperdalam pengetahuan tentang pelecehan seksual agar nantinya tidak ada korban lagi dan orang-orang bebas mengekspresikan dirinya sendiri tanpa khawatir akan terjadi pelecehan seksual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline