Lihat ke Halaman Asli

Ludiro Madu

TERVERIFIKASI

Dosen

Cara Mudah Menulis Review Paper atau Artikel dari Jurnal Akademik

Diperbarui: 26 April 2021   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara mereview artikel atau jurnal ilmiah. | kargesmedia.com

Tulisan ini sebenarnya diperuntukkan bagi mahasiswa di bidang ilmu Sosial dan Politik, khususnya ilmu Hubungan Internasional, namun demikian masih bisa dipakai oleh khalayak umum. Salah satu bentuk dari kegiatan atau tugas menulis mahasiswa adalah membuat review paper dari jurnal ilmiah. 

Tujuan dari review paper adalah untuk mendorong mahasiswa membaca dan memahami isu tertentu dalam bidang studi tertentu dan, kemudian, memberikan penilaian kritis atas isu tersebut. 

Melalui tugas ini, mahasiswa diharapkan memiliki cara yang lebih baik untuk membaca berbagai paper dari jurnal-jurnal akademik sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Penulisan review terhadap sebuah artikel/paper jurnal ilmiah ini sangat penting mengingat perkembangan terakhir sebuah isu atau argumentasi atau teori lebih cepat diperoleh melalui jurnal ilmiah ketimbang dari buku teks atau referensi.

Ada banyak panduan untuk membuat review paper ini tersedia di 'gudang' internet. Melalui mesin pencari, panduan dan contohnya sangat melimpah jumlah dan ragamnya. Berbagai perguruan tinggi menyediakan cara berbeda melalui lembaga-lembaga konsultasi penulisan tugas paper, skripsi, dan lain-lain. Bahkan dosen yang berbeda di sebuah kampus bisa memberikan cara penulisan berbeda pula.

Ketimbang bingung memilih yang cocok dan mungkin malah tersesat di ‘rimba’ hasil pencarian itu, tulisan ini berharap dapat memberikan panduan sederhana, mudah, dan praktis.

Baca Juga: Cara Mudah Menulis Artikel Ilmiah

Kegiatan utama dalam me-review sebuah paper akademik adalah melakukan membaca, memahami, menyimpulkan, dan mengomentari sebuah tulisan akademik yang biasanya telah dimuat sebuah jurnal ilmiah/akademik.

Tiga unsur utama dalam membuat review paper adalah menulis ulang, menilai, dan menarik kesimpulan dari paper jurnal. Dengan cara ini, mahasiswa akan lebih mudah membuat pemetaan mengenai diskursus atau perdebatan terhadap sebuah isu dalam bidang studi tertentu.

Dalam upaya membuat pemetaan itu, isu yang akan di-review tergantung pada tugas yang diminta dosen. Setidaknya ada tiga pilihan dalam pemetaan isu, yaitu keseluruhan isu, atau sebagian isu yang sesuai bahasan materi perkuliahan, atau mahasiswa diberi kebebasan me-review sesuai minatnya.

Format dari riviu artikel secara umum terdiri dari 3 bagian, yaitu pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

1. Pendahuluan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline