Lihat ke Halaman Asli

Listhia H. Rahman

TERVERIFIKASI

Ahli Gizi

GERMAS, Sebuah Upaya Gotong Royong Menekan Penyakit Zaman Now

Diperbarui: 16 Juli 2019   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi

Kalau kamu tidak percaya "sehat itu mahal", cobalah tanya pada mereka yang sedang diberi ujian sebuah sakit.

Siapa yang tidak ingin menjadi sehat walafiat? Tidak hanya diri kita, secara naluri kita pasti ingin orang terdekat di sekitar kita pun baik-baik saja bukan? 

Setidaknya itulah yang sering kita doakan dengan lantang di hari spesial seseorang. Seperti kepada orangtua, kakak, adik, teman atau yang hanya gebetan? Keinginan berwujud doa dalam bait lagu yang sudah kita hafal benar dan sering nyanyikan.

Begini : "..selamat ulang tahun kami ucapkan, selamat panjang umur kita kan doakan, selamat sejahtera SEHAT sentosa, selamat panjang umur dan bahagia" #siapayangbacasambilnyanyi

Ya. Nyatanya diberi kesehatan adalah salah satu pemberian Tuhan yang tidak ternilai harganya. Yang pantas jika kita semogakan tidak hanya untuk diri kita pun juga semua orang yang kita harap bisa terus bersama. Sebab percuma jika semua kita miliki seperti harta benda, namun kesehatan kita ternyata tidak baik-baik saja,kan?

Sudah berdoa, urusan tidak lalu selesai. Percuma jika hanya doa tetapi banyak gaya hidup tidak sehat masih kita lakukan baik secara sadar atau pura-pura tidak sadar. Untuk itulah tugas kita selain berdoa adalah perlu mengupayakan kesehatan yang diberi Tuhan dengan menjaga diri dari segala hal yang merugikan: Pola hidup sehat.

Meneropong Penyakit Zaman Now

Waktu yang terus berjalan pasti akan diikuti dengan perubahan zaman, pun penyakit yang hari ini kita sama-sama lawan.

Sebelum membahas bagaimana upaya yang harus kita lakukan. Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas apa saja penyakit yang bisa merenggut kesehatan kita di zaman now.

Di era 1990-an, penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan kita adalah penyakit menular seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), tuberkulosis dan diare. Hingga di tahun 2000-an, penyakit yang diderita masyarakat sudah jadi banyak berganti seperti stroke, penyakit jantung coroner (PJK), kanker dan diabetes.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline