Lihat ke Halaman Asli

Guru PAUD Hebat

Kindergarten Teacher

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka 1-10 Dengan Media Papan Flanel

Diperbarui: 10 Februari 2024   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo 

Media papan flanel digunakan untuk mengenalkan angka 1-10 pada anak,khususnya anak dikelas A.

Untuk meningkatkan kemapuan anak dalam mengenal angka 1-10, Dimana mengenal numerasi, mengembangkan pemahaman anak terhadap bilangan dan operasinya, melalui proses eksplorasi, melalui benda-benda konkrit dan memberikan pondasi yang kokoh bagi anak dalam mengembangkan kemampuan matematika pada tahap selanjutnya. Kegiatan pembelajaran matematika pada anak diorganisir secara terpadu melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks kehidupan dan pengalamanpengalaman riil. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik yang memungkinkan anak untuk belajar secara individual, kelompok dan juga klasikal.

 Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Pengunaan setrategi pembelajaran yang menyebabkan kejenuhan dalam belajar
  • masih terdapat satu siswa yang belum mengerjakan tugas sesuai arahan dan satu siswa yang tidak melakukan satu kegiatan dalam proses pembelajaran
  • Jumlah alat main yang kurang tidak sesui dengan jumlah anak
  • Perlunya guru pendamping dalam proses pembelajaran

Media pembelajaran yang kurng menarik

Dokumentasi TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo

Antusias anak dalam menyusun angka pada papan flanel,diTK Dharma Wanita Sumberagung 01 Selorejo Kabupatan Blitar Jawa Timur

Adapun proses dalam strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi adalah

  • Melakukan perencanaan dengan membuat dan mempersiapkan perangkat
  • Mengkodisikan anak didik dan memahami karakteristik anak
  • Berkoordinasi dengan , teman sejawat dan orang tua siswa tentang rencana pelaksanaan praktik
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEAM
  • Melakukan praktik pembelajaran dengan pendekatan TPACK melalui tayangan video tentang tema
  • Guru mernyediakan media konkrit untuk memperjelas dalam penjelasan tema

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan hasilnya sangat efektif, karena :

  • Terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
  • Anak antusias dan senang dalam kegiatan tersebut
  • Anak tidak cepat bosan dalam mengikuti kegiatn pembelajaran
  • Penilaian hasil ,adanya peningkatan kemampuan yang dicapai anak terbukti perkembangan anak rata-rata sudah mencapai tingkat mampu Respon orang terkait Patner / teman sejawat merasa senang karena mendapat pengalaman dan pengetahuan

Penulis,

Diyanita Retna Hestiningtyas, S. Pd. 

Guru TK Dharma Waita Sumberagung 01 Selorejo Kabupaten Blitar -- Jawa Timur




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline