Lihat ke Halaman Asli

Kurikulum Merdeka pada Sekolah SPK

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Perubahan senantiasa diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, terlepas dari itu dibutuhkan adanya suatu perjuangan dan kemauan yang keras untuk keluar dari zona aman, layaknya sebuah ulat yang bermetamorfosis menjadi seekor kupu-kupu yang indah, harus melewati perubahan dari ulat, kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang indah, saat menjadi kepompong, calon kupu-kupu tidak makan hingga berhari-hari, saat proses perubahan sempurna maka ia akan keluar menjadi seekor kupu-kupu yang indah.

Setiap proses membutuhkan waktu, dibutuhkan kesabaran, keteguhan hati saat menjalani proses tersebut, seperti perubahan yang terjadi didunia pendidikan Indonesia saat ini, adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum Merdeka dengan penguatan profil pelajar pancasila saat ini diharapkan dapat memberikan suatu perubahan positif untuk pendidikan di Indonesia.

Learning Loss yang terjadi saat pandemi menjadi salah satu alasan mengapa harus menjalani kurikulum merdeka ini.

Melansir dari ditsmp.kemendikbud.go.id "Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik".

Kurikulum merdeka  diharapkan dapat memberikan pembelajaran dengan fokus kepada materi yang esensial dan meningkatkan kompetensi peserta didik secara maksimal sesuai dengan profil pelajar pancasila, dan yang paling penting pembelajaran terlaksana dengan baik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Kurikulum merdeka ini memilki tujuan yang sangat baik dan kurikulum ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum cambridge dimana pada proses pembelajaran diberikan topik esensial dan disertakan dengan suatu kegiatan agar peserta didik mampu mendalami konsep dan meningkatkan kompetensi siswa.

Apakah penguatan profil pancasila dapat diterapkan disekolah yang menjalankan kurikulum cambridge?

Jelas dapat dilaksanakan,dari 6 ciri utama yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebhinekaan gloal, bergotong royong mandiri,bernalar kritis dan kreatif, pembelajaran dilaksanakan mengacu pada ciri tersebut.

Salah satu contoh pembelajaran yang dilakukan di sekolah SPK Saint Peter School adalah saat mengajarkan anak topic " Menjaga Kesehatan" topic ini sangat relevan dengan apa yang terjadi disekitar, menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, makan-makanan yang sehat dan bergizi juga menjaga kebersihan tubuh dan lingungan.

Dok. pribadi

Pada tingkat anak sekolah dasar kelas 3 saya menjelaskan bagaimana makanan yang sehat dan bergizi dapat menaikkan imunitas atau kekebalan tubuh kita yaitu kekuatan untuk melawan virus atau bakteri penyebab sakit.

Dok. pribadi

Saya memberikan suatu percobaan sederhana yaitu dengan menggunakan larutan Betadine menggambarkan suatu virus ataupun bakteri jahat dan juga larutan sebagai vitamin, yaitu larutan vitamin C , dan saya meminta anak-anak untuk memberikan tetesan vitamin ke dalam larutan betadine dan mengamati apa yang terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline