Lihat ke Halaman Asli

Laily NurfaridaFitri

Universitas Negeri Semarang

Transformasi Ganda UMKM Desa Muraharjo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora : Memperkuat Identitas Merek dan Melompat ke Pemasaran Digital

Diperbarui: 28 September 2025   05:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan UMKM Kerupuk Gendar NZ milik Bapak Nur Zuban

Pendampingan dan Penelitian Pada UMKM Pengrajin Barongan Arengga Jaya milik Bapak Wiwit

Pendampingan UMKM Aneka Camilan Keripik Tempe dan Stik Berkah Putri milik Ibu Sriana

Muraharjo, 29 Agustus 2025 -- Tiga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Muraharjo, Dukuh Brengus dan Dukuh Gapuk, sedang menjalani fase transformasi signifikan. Melalui serangkaian program pendampingan intensif dalam program kerja UNNES GIAT 12 Desa Muraharjo "Bersama UNNES GIAT Membangun Indonesia dari Desa" yang dilaksanakan pada 5--25 Agustus 2025, UMKM ini didorong untuk "naik kelas" dengan dua strategi utama: rebranding identitas visual dan optimalisasi pemasaran digital.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program pengabdian masyarakat yang terintegrasi, menjadikan tiga UMKM sebagai objek penelitian. Ketiga mitra tersebut adalah: UMKM Kerupuk Gendar NZ milik Bapak Nur Zuban, UMKM Aneka Camilan Keripik Tempe dan Stik Berkah Putri milik Ibu Muksriana, dan UMKM Pengrajin Barongan Arengga Jaya milik Bapak Wiwit.

Langkah Awal: Membangun Citra Produk yang Kompetitif

Fase pertama pendampingan difokuskan pada penguatan citra merek melalui program Rebranding UMKM: Pembuatan Logo, Packaging, & Merek Kemasan UMKM Desa.

Pelaku UMKM seringkali menghadapi tantangan dalam desain produk yang kurang profesional, membuat produk sulit bersaing di pasar modern. Untuk mengatasi hal ini, tim pendamping memberikan pelatihan yang mencakup:

  • Penyusunan ulang konsep merek.

  • Pembuatan logo baru yang lebih menarik dan berkarakter.

  • Desain kemasan (packaging) yang lebih fungsional dan estetis.

Tujuan kegiatan rebranding ini jelas: meningkatkan daya saing dengan menciptakan identitas visual yang profesional dan unik. Diharapkan, logo dan kemasan baru akan memudahkan pengenalan merek, yang menjadi fondasi kuat sebelum melangkah ke strategi pemasaran yang lebih luas.

Melompat ke Dunia Digital: Meningkatkan Visibilitas dan Jangkauan Pasar

Setelah identitas produk diperkuat, fokus pendampingan dilanjutkan pada program Marketing Digital UMKM: Pelatihan Pemasaran Mitra via WhatsApp & Penandaan Lokasi di Google Maps. Kegiatan ini menjadi jembatan bagi UMKM untuk membawa produk dengan citra baru mereka ke hadapan konsumen yang lebih luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline