Lihat ke Halaman Asli

KHOIRUL UMAM

Mahasiswa

Pendampingan UMKM Keripik Pisang oleh Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko 153 Desa Kemuningsarilor Kecamatan Panti

Diperbarui: 10 Agustus 2022   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENGEMBANGAN POTENSI UMKM KERIPIK PISANG DI DUSUN KRAJAN, DESA KEMUNINGSARILOR OLEH MAHASISWA KKN KOLABORATIF POSKO 153. dokpri

KKN KOLABORATIF POSKO 153 | UMKM merupakan salah satu sektor perekonomian yang dimiliki oleh perorangan yang telah sesuai dengan kriteria yang tercantum di Undang-Undang.

Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko 153 yang ditempatkan di Desa Kemuningsarilor, tepatnya di wilayah RT/RW 5/1 daerah Dusun Krajan menemukan UMKM keripik pisang yang sudah mulai produksi sejak delapan tahun yang lalu.

Pada tanggal 31 Juli 2022 Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko 153 melakukan kunjungan serta membantu proses produksi keripik pisang dari awal hingga akhir. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada hari itu juga, untuk penjualan keripik pisang dilakukan secara mandiri dan diambil oleh dua sales penjualan yang membawa keripik pisang tersebut ke Jember Kota. Produsen tidak menjualnya secara online karena tidak tahu bagaimana cara menggunakan sosial media sebagai market place penjualan yang lebih luas.

TONTON VIDEO SELENGKAPANYA disini

Untuk kemasan, sudah memiliki label produksi yang disertai merk dagang, nomor handphone, dan alamat produksi keripik pisang. Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko 153 akan membantu untuk membuatkan logo keripik pisang yang lebih menarik perhatian konsumen serta pembuatan website untuk penjualan secara online yang tentunya juga mahasiswa akan melakukan pendampingan pada produsen dan keluarga bagaimana cara menggunakan media online sebagai wadah penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline