Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana News

TERVERIFIKASI

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Lima Kuliner Tradisional Indonesia yang Kaya Rasa

Diperbarui: 15 Maret 2018   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ragam kuliner tradisional Indonesia (KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI)

Selain keindahan alamnya, Indonesia juga dikenal dengan ragam kuliner tradisional yang kaya cita rasa. Salah satu yang sudah tersohor hingga mancanegara adalah Rendang. Kini giliran kuliner gado-gado yang mencuat hingga mancanegara. Makanan khas Betawi ini ternyata menjadi makanan favorit chef asal Inggris, Jamie Oliver.

Hal tersebut diutarakan Jamie saat ia memamerkan video membuat gado-gado di Twitter. "Kamu pasti tidak pernah merasakan salad seperti ini sebelumnya! Inilah buatan Jamie, salad gado-gado MEGA dari Indonesia, yang juga ditayangkan di Jamie's Comfort Food di @Channel4," kicau Jamie.

Tanggapan soal kreasi gado-gado miliknya pun mulai bermunculan di Twitter. Warnaget luar negeri tampaknya lebih antusias dengan kreasi gado-gado miliknya dengan sentuhan western. Gado-gado kreasi Jamie ini ternyata juga tersedia di buku resep miliknya, Jamie's Comfort Food dengan nama Gorgeous Gado-Gado. 

Itu baru gado-gado, kalau Chef Jamie berkunjung ke Indonesia dan mencicipi aneka kulinernya, bisa jadi buku resep miliknya penuh kuliner khas Indonesia. Sebab banyak sekali kuliner tradisional Indonesia yang amat lezat! Tidak percaya?

Berikut 5 Kuliner Indonesia yang Kaya Cita Rasa

1. Lempah Kuning, Kuliner Khas Bangka yang Lezat dan Menghangatkan

Lempah Kuning (Foto: Rustian Al Ansori)

Lempah Kuning merupakan ikon kuliner di Bangka Belitung yang berupa kuah berwarna kuning dan biasanya dipadukan dengan ikan, udang, daging sapi atau ayam. Kaya akan rempah dan menggunakan cabai rawit, rasa Lempah Kuning lumayan pedas namun menyegarkan. Selain digemari masyarakat setempat, kuliner ini juga sering disajikan bagi tamu Pemerintah Daerah setempat yang datang ke kabupaten Bangka.

Selengkapnya

2. Kuliner Makassar: Pilih Coto atau Pallu Basa?

Pallu Basa (Foto: MomAbel)

Kuliner Makassar terkenal beragam dan menggoda. Ada pisang epe, pallu butung, es pisang ijo, konro, pallu mara, pallu basa, coto, mie titi, dan masih banyak yang lain. Namun bila ingin kuliner yang agak berat dengan kaya daging, Coto dan Pallu Basa patut untuk dicoba.

Coto merupakan kuliner berkuah yang dilengkapi irisan daun bawang dan bawang goreng. Potongan lemak sandung lamur yang mengapung sangat menggoda. Sedangkan Pallu Basa hampir mirip dengan Coto, tapi kuahnya lebih bersantan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline