Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Lima Kuliner Tradisional Indonesia yang Kaya Rasa

14 Maret 2018   16:00 Diperbarui: 15 Maret 2018   00:18 1032 7 0
Lima Kuliner Tradisional Indonesia yang Kaya Rasa
Ilustrasi ragam kuliner tradisional Indonesia (KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI)

Selain keindahan alamnya, Indonesia juga dikenal dengan ragam kuliner tradisional yang kaya cita rasa. Salah satu yang sudah tersohor hingga mancanegara adalah Rendang. Kini giliran kuliner gado-gado yang mencuat hingga mancanegara. Makanan khas Betawi ini ternyata menjadi makanan favorit chef asal Inggris, Jamie Oliver.

Hal tersebut diutarakan Jamie saat ia memamerkan video membuat gado-gado di Twitter. "Kamu pasti tidak pernah merasakan salad seperti ini sebelumnya! Inilah buatan Jamie, salad gado-gado MEGA dari Indonesia, yang juga ditayangkan di Jamie's Comfort Food di @Channel4," kicau Jamie.

Tanggapan soal kreasi gado-gado miliknya pun mulai bermunculan di Twitter. Warnaget luar negeri tampaknya lebih antusias dengan kreasi gado-gado miliknya dengan sentuhan western. Gado-gado kreasi Jamie ini ternyata juga tersedia di buku resep miliknya, Jamie's Comfort Food dengan nama Gorgeous Gado-Gado. 

Itu baru gado-gado, kalau Chef Jamie berkunjung ke Indonesia dan mencicipi aneka kulinernya, bisa jadi buku resep miliknya penuh kuliner khas Indonesia. Sebab banyak sekali kuliner tradisional Indonesia yang amat lezat! Tidak percaya?

Berikut 5 Kuliner Indonesia yang Kaya Cita Rasa

1. Lempah Kuning, Kuliner Khas Bangka yang Lezat dan Menghangatkan

Lempah Kuning (Foto: Rustian Al Ansori)
Lempah Kuning (Foto: Rustian Al Ansori)

Lempah Kuning merupakan ikon kuliner di Bangka Belitung yang berupa kuah berwarna kuning dan biasanya dipadukan dengan ikan, udang, daging sapi atau ayam. Kaya akan rempah dan menggunakan cabai rawit, rasa Lempah Kuning lumayan pedas namun menyegarkan. Selain digemari masyarakat setempat, kuliner ini juga sering disajikan bagi tamu Pemerintah Daerah setempat yang datang ke kabupaten Bangka.

Selengkapnya

2. Kuliner Makassar: Pilih Coto atau Pallu Basa?

Pallu Basa (Foto: MomAbel)
Pallu Basa (Foto: MomAbel)

Kuliner Makassar terkenal beragam dan menggoda. Ada pisang epe, pallu butung, es pisang ijo, konro, pallu mara, pallu basa, coto, mie titi, dan masih banyak yang lain. Namun bila ingin kuliner yang agak berat dengan kaya daging, Coto dan Pallu Basa patut untuk dicoba.

Coto merupakan kuliner berkuah yang dilengkapi irisan daun bawang dan bawang goreng. Potongan lemak sandung lamur yang mengapung sangat menggoda. Sedangkan Pallu Basa hampir mirip dengan Coto, tapi kuahnya lebih bersantan.

Selengkapnya

3. Gulai Rebung Asam Ikan Makerel, Kuliner Tradisional Bengkulu Pengobat Rindu

Rebung asam ikan makerel (Foto: Sutomo Paguci)
Rebung asam ikan makerel (Foto: Sutomo Paguci)

Gulai rebung asam merupakan ikon kuliner tradisonal khas orang Melayu di Bengkulu dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, kuliner ini menggunakan rebung sebagai bahan utamanya. Rasanya sangat sedap dengan kuah berwarna merah kekuningan karena kaya rempah. Belum lagi paduan aroma dari saus ikan makerel yang makin menggugah selera.

Selengkapnya

4. Pelesir ke Tapanuli Utara, Belum Sah Kalau Belum Makan Ini!

Ikan Mas Arsik (Sumber: cookpad.com)
Ikan Mas Arsik (Sumber: cookpad.com)

Di Tapanuli Utara terdapat banyak kuliner khas Batak yang kaya akan rempah. Salah satu menu yang cukup terkenal adalah Dekke na niarsik (Ikan mas arsik), kuliner dari ikan mas rebus dengan saus kekuningan. Hidangan ini dimasak dengan campuran banyak bumbu mulai dari kunyit, cabai, bawang, kecombrang (rias), dan sebagainya. Dengan tambahan bumbu andaliman atau merica khas batak, kuliner ini memiliki rasa yang khas seperti pedas dan getir di lidah.

Selengkapnya

5. Sedapnya Tahu Kupat Pak Midin yang Hanya Ada di Solo

Tahu kupat Pak Midin (Foto: Hendra Wardhana)
Tahu kupat Pak Midin (Foto: Hendra Wardhana)

Di Solo terdapat kuliner tahu kupat populer yang diolah oleh Pak Midin. Sekilas tahu kupat ini tak berbeda jauh dengan tahu kupat yang banyak dijumpai di Magelang dan Yogyakarta. Namun isian tahu kupat khas Pak Midin lebih minimalis, tanpa kerupuk dan irisan bakwan. Bumbunya juga lebih  kental, pekat, dan tidak sampai menggenangi isinya. Ini berbeda dengan tahu kupat pada umumnya yang bumbunya encer seperti kuah. Sedangkan dari segi rasa, tahu kupat Pak Midin terasa gurih dan segar. Ada sentilan pedas di antara rasa manis dan asin.

Selengkapnya


(Lbt)