Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Cara Belanja Online Biar Tidak Merugikan Orang Lain

Diperbarui: 19 Mei 2021   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi belanja online. (Diolah kompasiana dari sumber Shutterstock via kompas.com)

Marketplace apa yang sering kamu gunakan? Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, atau yang lainnya? Karena mereka, hidup kita pun dipermudah. Belanja tak lagi harus keluar rumah.

Meski begitu, belum semua orang bisa memahami cara kerja marketplace. Belum lama ini, viral sebuah video yang menampilkan seorang ibu yang belanja dengan metode COD. Ia marah-marah kepada kurir karena barang pesanannya tak sesuai harapan. Ia pun enggan membayar orderannya.

Kisah ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Masih banyak orang gagap belanja online, memahami sistem marketplace, bingung mengoperasikan aplikasi, hingga berimbas merugikan orang lain.

Membantu semua pihak yang kini sangat bergantung pada metode belanja online, Kompasiana mengajakmu untuk membuat artikel tutorial cara menggunakan marketplace.

Berikan pula pemahaman apa itu COD, PO/pre-order, cashback, dropshipper, trusted, pengiriman instan, dan istilah-istilah lainnya yang mungkin masih awam bagi orang lain. Bisa dari marketplace apapun!

Beri judul kontenmu dengan kata-kata yang mewakili bahwa kamu sungguh menulis tutorial. Misalnya, mulailah judul dengan: "Kiat", "Ketahui Cara ...", "Ini Tip untuk ...", dan lain sebagainya.

Silakan tambah label Belanja Online (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Dok. Kompasiana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline