Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Sukoanyar

Official Account KKN UM Desa Sukoanyar Kecamatan Wajak Kabupaten Malang

Pembuatan Peta Administrasi Desa Sukoanyar oleh Tim KKN UM Sukoanyar 2021

Diperbarui: 22 Juli 2021   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Peta Administrasi Desa Sukoanyar, Kec. Wajak dari tim KKN UM kepada pihak pemerintah desa/ Dok. Tim KKN UM

MALANG -- JAWA TIMUR, Peta administrasi merupakan data teknis yang sangat diperlukan dalam suatu desa untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah. Secara umum peta berisi gambaran umum permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu dan dilengkapi dengan legenda, adapun legenda memuat tentang simbol-simbol berisi keterangan.

 Peta administrasi digunakan sebagai sarana penyampaian informasi mengenai suatu kondisi letak suatu wilayah dan lingkungan disekitar wilayah tersebut, sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai suatu daerah. Peta desa terdiri dari informasi-informasi seperti luas wilayah desa, batas wilayah desa, jalan-jalan desa, kondisi alam desa, sarana dan prasarana desa, kantor administrasi desa dan informasi penting lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN UM Desa Sukoanyar 2021 yang dibimbing oleh Ibu Nurul Ratnawati, S.Pd, M.Pd memiliki salah satu program kerja yakni pembuatan Peta Administrasi untuk Desa Sukoanyar. Pada awalnya di Kantor Desa Sukoanyar sudah terdapat Peta Administrasi, namun peta yang tersedia dibuat tahun 2017 dan belum terdapat pembaruan kembali terkait dengan batas-batas desa maupun fasilitas desa. Oleh karena itu mahasiswa Tim KKN UM Sukoanyar 2021 melakukan pembaruan terkait dengan kesesuain kondisi wilayah saat ini.

Penyampaian Penjelasan Terkait Peta Administrasi Desa Sukoanyar oleh Tim KKN UM Sukoanyar 2021/ Dok. Tim KKN UM

Proses pembuatan peta dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan, yakni: 1) Pengumpulan data, 2) Pengolahan Data, dan 3) Finishing/Printing. Pada tahap pengumpulan data dilakukan survei ke lapangan untuk mencari data mengenai fasilitas-fasilitas, maupun melihat kesesuain kondisi wilayah yang ada di Desa Sukoanyar, serta nantinya akan digambarkan ke dalam Peta Administrasi berupa fasilitas desa seperti tempat ibadah, kantor desa, fasilitas Pendidikan, dan lain-lain. 

Tahap kedua yaitu pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Arcgis Pro melalui laptop. Selanjutnya pada tahap Finishing/Printing yaitu berupa mencetak peta yang telah jadi dengan ukuran 82,5 x 120 meter menggunakan bahan banner dan akan dipasang di Kantor Desa Sukoanyar. Tahap terakhir yang dilakukan yaitu berupa penyerahan peta kepada Desa melalui Kepala dan Sekretaris Desa Sukoanyar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline