Lihat ke Halaman Asli

KKNUMGEMBLEB2021

Universitas Negeri Malang

Kembangkan Potensi UMKM Desa Gembleb melalui Program Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis E-Commerce

Diperbarui: 27 Juni 2021   00:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Kebersamaan antara Perwakilan UMKM Bakpia, UMKM Serabut Kelapa, dan Pemateri Pelatihan Pemasaran E-commerce dengan Tim KKN Pulang Kampung UM/dopri

Perkembangan teknologi di masa sekarang dapat menunjang semua kegiatan ekonomi masyarakat, terutama dalam aktivitas bisnis. Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet, menuntut pelaku usaha khususnya UMKM untuk mengikuti tren pemasaran dan penjualan saat ini. Salah satunya dengan melakukan pemasaran melalui e-commerce.

Dalam mengembangkan potensi UMKM yang ada di desa Gembleb, tim KKN Pulang Kampung Desa Gembleb dari Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran produk dengan berbasis e-commerce. Program pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2021 dan bertempat di SDN 2 Gembleb bertujuan agar pemilik UMKM di Desa Gembleb dapat memiliki lebih banyak wawasan dan pengetahuan tentang pemasaran melalui e-commerce. 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari tim KKN Pulang Kampung UM Desa Gembleb yang diikuti oleh perwakilan yang dari masing-masing UMKM yang ada di Desa Gembleb, meliputi: UMKM Bakpia, UMKM Kelompok Serabut Kelapa, dan UMKM Tempe Kripik. Sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan mulai pukul 08.51 sampai dengan pukul 11.30 WIB dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Materi dengan tema "Sukses Berjualan di E-commerce (Shopee)" dipaparkan oleh Mas Arizal Hafid Arrauf yang merupakan seorang digital marketer dan graphic designer. Pemateri menyampaikan bahwa e-commerce merupakan aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Dalam program pelatihan ini, pemateri membahas tentang kiat-kiat dalam berjualan dan melakukan pemasaran di salah satu e-commerce, yaitu Shopee. Menurut pemateri, Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak diminati dan digunakan untuk bertransaksi secara online karena memiliki fitur-fitur yang mudah dipahami dalam penggunaannya.

Pemaparan Materi Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis E-Commerce Oleh Mas Arizal Hafid Arrauf/dokpri

Selain penyampaian materi secara teori, dalam pelatihan ini juga mempraktekkan secara langsung penggunaan marketplace Shopee untuk berjualan dan memasarkan produk yang dipandu oleh Mas Arizal Hafid Arrauf. Di setiap pemaparan materi, pemateri membuka sesi tanya jawab agar peserta kegiatan dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pemasaran di Shopee.

Dengan adanya program pelatihan pemasaran produk dengan berbasis e-commerce ini diharapkan dapat berguna bagi penjualan dan pemasaran produk UMKM di Desa Gembleb sehingga mampu memperluas cakupan pasar dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline