Lihat ke Halaman Asli

kkn sukolelo umsida

universitas muhammadiyah sidoarjo

Mahasiswa KKN-P Kelompok 11 UMSIDA Berinovasi Hidrogel Penggantin Tanah Pada TK PKK VII Sukolelo

Diperbarui: 22 Februari 2024   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen Pribadi)

Sukolelo, 12 Februari 2024 - Di TK PKK VII Dusun Ganti Desa Sukolelo, Jawa Timur, hari ini (12/02) mengadakan kegiatan pembuatan hidrogel sebagai pengganti tanah dalam media tanam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid TK dan didampingi oleh kakak-kakak KKN-P Kelompok 11 UMSIDA.
Hidrogel adalah polimer yang mampu menyerap dan menyimpan air dalam jumlah besar. Penggunaan hidrogel sebagai media tanam memiliki banyak keuntungan, antara lain:
* Hemat air: Hidrogel mampu menyimpan air hingga 100 kali lipat dari beratnya, sehingga tanaman tidak perlu disiram terlalu sering.
* Ramah lingkungan: Hidrogel tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan dapat terurai secara alami.
* Mudah digunakan: Hidrogel dapat digunakan langsung tanpa perlu dicampur dengan tanah.

(Dok. pri)

Kegiatan pembuatan hidrogel ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang alternatif media tanam yang ramah lingkungan dan hemat air. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan minat anak-anak terhadap sains.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Mereka belajar tentang cara membuat hidrogel dan manfaatnya bagi tanaman," kata salah satu guru di TK tersebut.

Kepala TK PKK VII Dusun Ganti Desa Sukolelo, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di TK.

"Kami ingin anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Selain itu, kami juga ingin menanamkan kesadaran kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan," kata Ibu Kepala TK PKK VII tersebut.

Kakak-kakak KKN-P  UMSIDA memperlombakan kegiatan pembuatan tanaman hydrogel tersebut. Di setiap kelas, dipilih satu kelompok pemenang terbaik untuk mendapatkan penghargaan.

Selain itu, semua murid yang telah mengikuti kegiatan mendapatkan snack dari kakak-kakak KKN-P UMSIDA.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada murid-murid untuk terus belajar dan berkreasi.

(Meilina Nur Isnaini)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline