Lihat ke Halaman Asli

Go Green dan Upaya Penerapannya

Diperbarui: 13 November 2021   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

       Perkembangan zaman yang semakin maju, mampu membuat perubahan pada iklim serta atmosfer bumi. Keadaan yang berubah memunculkan masalah baru dalam hal keseimbangan bumi. Pembangunan, penebangan pohon, dan produksi di industri pabrik yang dilakukan secara besar-besaran dapat membuat masalah baru dengan munculnya pemanasan global. Pemanasan global terjadi akibat adanya peningkatan suhu rata-rata pada atmosfer bumi, laut, dan daratan. Apabila pada masalah tersebut tidak ada upaya penyelesaian dan terjadi secara terus menerus maka akan berkemungkinan besar bahwa kerusakan bumi benar-benar akan terjadi.

Lalu bagaimana kita untuk menyelesaikan masalah ini?

Setiap permasalahan terdapat solusi yang senantiasa mengikuti, pemanasan global dapat kita selesaikan dengan beberapa cara penyelesaian. Salah satunya adalah penerapan gerakan penghijauan atau Go green yang dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan manusia untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah pada pemanasan global yang terjadi akibat dari ulah kita sendiri.

Dalam pelaksaannya upaya untuk gerakan penghijaun atau Go green dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti:

* Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Plastik pada awalnya diciptakan sebagai bentuk dari penyelamatan bumi. Namun, pada akhirnya plastik yang awalnya bertujuan baik justru berakhir dengan menciptakan masalah baru bagi bumi. Hal ini terjadi akibat banyaknya penggunaan plastik yang dilakukan oleh manusia dan dengan secara tidak bertanggung jawab sampah plastik dibuang tidak pada tempatnya. Sampah plastik yang dibuang ditempat yang salah tentu akan berceceran dimana-mana dan lama-kelamaan akan menumpuk dan tertimbun didalam tanah dan seperti yang diketahui bahwa plastik merupakan produk yang susah untuk diurai, plastik memerlukan waktu yang lama dalam penguraiannya kurang lebih 100 tahun waktu yang digunakan untuk penguraian. Maka dari itu, penggunaan plastik harus kita perkecil guna keberlangsungan hidup manusia dan serta sebagai bentuk penyelamatan bumi.

* Penghijauan

Pemanasan global juga dapat diatasi dengan dilakukannya suatu tindakan penghijauan. Banyaknya pepohonan yang ditebang secara besar-besaran dan tidak bertanggungjawab menjadikan pepohonan semakin lama semakin habis. Dalam hal ini kita harus memiliki kesadaran baik untuk melakukan perbaikan dengan cara menanam kembali pohon pada area lahan yang telah ditebang. Dalam kehidupan di lingkungan seperti lingkungan keluarga dan sekitarnya kita dapat menanamkan pohon pada lahan yang terbengkalai atau tidak digunakan, selain itu pada lingkungan sekolah maupun kampus kita dapat mengikuti suatu organisasi pecinta alam atau gerakan yang ditujukan untuk penggunaan lahan yang tidak digunakan sebagai wadah untuk melakukan penanaman pohon.

* Pemeliharaan lahan

Pada zaman yang telah berkembang pesat tentu saja pembangunan terus meningkat. Pembangunan yang pesat juga harus memperhatikan penggunaan lahan yang akan digunakan. Dengan hal tersebut dapat dipertimbangkan kembali bagaimana solusi yang tepat dalam pelaksanaannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakna lahan yang terdapat bangunan terbengkalai. Pelestarian lahan seperti hutan dan persawahan harus menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, karena keduanya sama-sama memiliki manfaat tersendiri bagi keberlangsungan hidup manusia. Misalnya saja hutan yang memiliki fungsi sebagai tempat penyerapandan penyimpanan air serta lahan persawahan yang menjadi lahan untuk menghasilkan kebutuhan pangan manusia.

* Mengurangi polusi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline