Lihat ke Halaman Asli

Khaldaa Alyaa

Maahasiswa aktif semester 1 xixi

Keutuhan NKRI Ada di Tangan Pemuda Indonesia

Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia sangat beragam penduduknya, mulai dari macam ras, suku, dan agama. Dengan keberagaman ini maka masyarakatnya perlu menciptakan toleransi antar sesama demi menjagakeutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun dewasa ini, tak banyak orang yang intoleransi. Hal ini karena masyarakat masih minimnya pemahaman tentang keberagaman antar sesama. Penyebab intoleransi sendiri dikarenakan adanya merasa lebih baik dengan suatu suku, adanya konfllik antar suku, agama, dan ras, serta minimnya pengetahuan perihal toleransi itu sendiri. 

Toleransi dapat diterapkan pada keseharian dengan menanamkan pada diri setiap manusia yaitu sifat saling menghargai, dan menjadikan Pancasila sebagai landasan utama dalam bertingkah laku. Pancasila memiliki unsur-unsur yang makbul, yang tak seharusnya diragukan dan menjadi hal yang remeh temeh didalam masyarakat.

Adapun cara menumbuhkan sifat toleransi sendiri yaitu dengan mempelajari pendidikan agamais dan nasionalis, terutama bagi para pemuda. Dengan menumbuhkan jiwa ketuhanan pada kaum pemuda akan jadi dampak baik yang sangat besar. Namun, tak banyak orang mau untuk mempelajari hal tersebut, kurangnya minat dan merasa tidak terlalu butuh akan hal tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline