Lihat ke Halaman Asli

Jeniffer Gracellia

TERVERIFIKASI

A lifelong learner

Mengapa Membersihkan Tempat Tidur Menjadikan Hari Kita Menjadi Lebih Produktif?

Diperbarui: 22 Maret 2022   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mengapa membersihkan tempat tidur membuat hari kita menjadi lebih baik | Foto diambil dari Shutterstock via Kompas

"Bangun tidur keterus mandi..

Tidak lupa menggosok gigi..

Habis mandi kutolong Ibu..

Membersihkan tempat tidurku.."

Siapa yang tidak tahu lirik lagu yang berjudul "Bangun Tidur" karya Bapak Soerono atau biasa dipanggil Pak Kasur? Lagu ini selalu terngiang-ngiang, mungkin tertanam di pikiran sejak pertama kali dinyanyikan oleh guru Taman Kanak-kanak kita dulu.

Lagu dengan lirik yang sederhana dan nada yang menarik, di saat yang bersamaan mengenalkan kebiasaan yang penting sejak usia dini. Selain mandi, menggosok gigi, dan menolong ibu, kebiasaan yang ingin saya bahas lewat tulisan ini adalah membersihkan tempat tidur.

Membersihkan tempat tidur adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang sederhana. Tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya. 

Namun, saya yakin tidak semua orang membersihkan tempat tidurnya di pagi hari. Hal itu mungkin dikarenakan pemikiran seperti: "nanti malam tidur di tempat tidur yang sama, untuk apa repot-repot merapikannya? Nanti juga berantakan lagi.

Ya, memang benar. Nanti malam juga tidur di tempat tidur yang sama, yang paginya juga akan berantakan ketika bangun. 

Namun, tahukah Anda ternyata membersihkan tempat tidur bukan hanya persoalan estetika. Membersihkan tempat tidur secara psikologi, jauh di bawah alam sadar Anda, ternyata memiliki efek membuat hari Anda lebih baik dan lebih produktif. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline