Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Ruang Kolaborasi Modul 1.3. Pernyataan Prakarsa Perubahan

Diperbarui: 21 September 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Ruang Kolaborasi https://www.pexels.com/search/collaboration/

Ruang kolaborasi dalam menciptakan suatu visi yang akan kita capai,  menurut hemat saya adalah langkah penting agar visi yang kita buat dapat diimplementasikan dengan mudah.   Ada beberapa tahapan proses yang harus kita lalui dalam tugas modul 1.3. pernyataan prakarsa perubahan ini. Agar anda lebih paham, berikut beberapa tahap yang harus kita pahami dengan seksama. Cekidot.

Tahap 1: Menyampaikan Visi Bersama

Pertama, setiap anggota kelompok menyampaikan visinya. Visi ini adalah gambaran ideal tentang apa yang ingin dicapai. Beberapa visi yang diusulkan adalah:


1. Mewujudkan peserta didik yang berkebhinekaan global dengan tetap mempertahankan kebudayaan sendiri. Ini berarti menghargai keberagaman dunia sambil mempertahankan budaya kita sendiri.

2. Mewujudkan generasi pelajar pancasila yang PROAKTIF (PROfesional, Agamis, Kompetitif, Tanggung jawab dan inovaTIF) sehingga tercipta student wellbeing. Artinya, menciptakan siswa yang aktif, profesional, beragama, kompetitif, bertanggung jawab, dan inovatif untuk kesejahteraan siswa.

3. Mewujudkan generasi pelajar pancasila yang KARTINI: Kreatif, Adaptif, Religius, budi pekerti, inisiatif. Ini berarti menciptakan siswa yang kreatif, adaptif, religius, berbudi pekerti, dan inisiatif seperti Kartini.

4. Mewujudkan generasi pelajar pancasila yang PERCEKA (Percaya Diri, Ramah, Cekatan, Kreatif, dan Agamis). Artinya, menciptakan siswa yang percaya diri, ramah, cekatan, kreatif, dan agamis.

5. Mewujudkan peserta didik yang inovatif, kreatif dan berakhlak mulia. Ini berfokus pada inovasi, kreativitas, dan akhlak yang mulia.

6. Mewujudkan generasi pelajar pancasila yang Adaptif, berbudaya, berkebhinekaan global, dan Mandiri. Ini tentang menciptakan siswa yang adaptif, berbudaya, berkebhinekaan global, dan mandiri.

Tahap 2: Pemilihan Rencana Perubahan

Setelah mendiskusikan visi, kita memilih rencana perubahan dengan tema "Mewujudkan Peserta Didik yang PERCEKA". Kata "PERCEKA" dalam bahasa Sunda berarti seseorang yang memiliki banyak keahlian, terampil, serba bisa, pintar, dan pandai dalam mengatur pekerjaan serta berkomunikasi.

Tahap 3: Menyatukan Visi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline