Lihat ke Halaman Asli

Fathin NawwarM

Mahasiswa UMy

Warga Dusun Ngondel Wetan Mengembangkan Produk Singkong Melalui Lomba Masak

Diperbarui: 6 September 2019   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dusun Ngondel Wetan merupakan salah satu dusun yang berada di kelurahan Kerambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dusun Ngondel Wetan juga termasuk daerah yang menonjol dalam sektor pertanian salah satunya adalah Singkong.

Daerah yang terletak di barat daya Kabupaten Gunung Kidul selalu menghasilkan singkong tiap musimnya. Melalui kegiatan kuliah kerja nyata yang di lakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Program Lomba Masak Produk Kreatif, masyarakat atau warga Dusun Ngondel Wetan mampu meningkatkan kreatifitas mereka dalam mengolah dan membuat produk makan dari singkong.

Rangkaian program kegiatan ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya kreatifitas masyarakat dalam mengolah singkong serta masyarakat hanya mampu menjual dalam bentuk mentahan. 

Tujuan program ini dilaksanakan untuk bisa memperdayakan masyarakat agar mampu mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan sejahteraan desa tersebut. 

Kegiatan Lomba Masak ini dilaksanakan di balai dusun Ngondel Wetan dan di ikuti 5 kelompok yang masing masing mewakili RT Dusun Ngondel Wetan (18/08/2019). Sebelumnya telah dilakukan juga Pelatihan Pemasaran agar masyarakat mampu memasarkan hasil Lomba Masak Produk Kreatif.

Konsep yang digunakan dalam kegiatan Lomba Masak Produk Kreatif adalah makanan kering yang mana hasil produknya dapat bertahan lama dan melalui proses memasak yang mudah dilakukan oleh warga itu sendiri. Saatnya kegiatan berlangsung, warga yang mengikuti perlombaan sangat antusias. Pemenang juara 1 dan 2 menjadi produk rekomendasi yang akan menjadi produk yang diperjual belikan.

Mahasiswa :

  1. Fathin Nawwar Marhadi
  2.  Arieq Ibnu Nur
  3. Novian Agusta
  4. Muhammad Khairul Mizan Fatoni
  5.  Lia Septianingsih
  6. Dina Yusrina Hikmatullah
  7. Siti Syamsiar
  8. Lettyvia Pramesty
  9. Dwi Agung Prasetyo
  10. Nurul Fadli Nugroho

Dosen Pendamping Lapangan

Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline