Lihat ke Halaman Asli

Beberapa Tata Krama Pergaulan dalam Islam

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hm.. baru dapat hal yang mau dishare lagi nih.. :).


Alhamdulillah pas lagi baca Alqur’an dan terjemahannya, ternyata ada beberapa ayat yang berurutan dalam surat Al Isra’ yang semua isinya berkaitan dengan tata krama dalam pergaulan.


Wah..

betapa ajaran islam benar-benar mencakup semua aspek kehidupan ya.. bahkan cara kita bersikap pun diajarkan oleh Allah SWT.


Coba deh lihat surat Al Isra’ mulai dari ayat 22-38. Diantara ayat-ayat tersebut ada yang termasuk ke dalam perintah dan ada yang termasuk larangan. Kali ini saya akan sharing tentang larangannya saja karena pada akhir surat disebutkan bahwa larangan-larangan tersebut termasuk kejahatan yang sangat dibenci oleh Allah.


“ Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu” (QS. Al Isra’: 38)


Kejahatan yang dimaksud adalah kejahatan yang terdapat dalam ayat 22, 23, 26,29, 31, 32,33, 34,36, 37. Yuk kita bahas satu persatu sesuai versi saya memahami ayat-ayat tersebut .


1. Kejahatan pertama yang disebutkan oleh Allah SWT adalah menduakanNya alias melakukan perbuatan musyrik.

“Janganlah kamu adakan Tuhan lain disamping Allah SWT agar kamu tidak tercela & tidak ditinggalkan oleh Allah SWT” (QS. Al Isra’:22).


2. “Janganlah kamu membentak kedua orang tua dan ucapkanlah kepada mereka perkataan-perkataan yang baik” (QS. Al Isra’:23).

Ayat ini mengajarkan bahwa dalam bergaul dengan orang tua kita harus bersikap lemah lembut terhadapnya. Ayat ini juga menunjukkan betapa penting kedudukan orang tua kita karena ditempatkan nomor dua setelah larangan menyekutukannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline