Lihat ke Halaman Asli

Hendra Jawanai

Creative Director/Producer/Writer

Peran Teknokrat & Kualifikasi Politik untuk Kursi Menkominfo

Diperbarui: 19 Mei 2023   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kursi kosong, foto oleh Maria dari Pixabay.

Kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate, sangat mengecewakan dan tentunya memalukan.

Proyek penyediaan BTS 4G dan infrastruktur pendukung sangat penting bagi daerah terluar, terpencil, dan terdepan (3T). Toh, ini pun dikorupsi juga dan merugikan keuangan negara.

Saya hanya bisa berharap proses hukum berjalan dengan adil dan transparan. Kondisi infrastruktur di daerah 3T yang belum merata membuat masyarakat semakin terpinggirkan.

Pemilihan pengganti Menteri Kominfo (Menkominfo) haruslah seseorang yang jujur, kompeten, dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat 3T.

Kita perlu mendorong pemberantasan korupsi (dengan tak bosan-bosannya), agar proyek-proyek strategis benar-benar bermanfaat bagi rakyat Indonesia.

Langkah menuju kesetaraan akses

Infrastruktur di Indonesia, terutama di daerah 3T, masih belum merata dan memadai. Pemerintah dikabarkan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 triliun pertahun dari APBN untuk mempercepat pembangunan infrastruktur digital di daerah 3T.

Selain itu, sebelum infrastruktur telekomunikasi dibangun di daerah 3T, pemerintah harus terlebih dahulu menyiapkan infrastruktur dasar seperti jaringan listrik dan jalan.

Badan Pembina Konstruksi dan Sumber Daya Manusia (BPK-SDM) juga menyatakan bahwa pembangunan jaringan jalan dan jaringan listrik antar daerah atau antar kota bisa meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat di daerah terpencil.

Kesadaran akan pentingnya pembangunan infrastruktur daerah ini perlu ditingkatkan, agar pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan baik.

Korupsi proyek BTS 4G dan infrastruktur pendukung 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline