Di era teknologi sekarang ini penggunaan media berbasis digital sudah menjadi alat bantu keseharian masyarakat. Bagaimana tidak, sejak bangun tidur hingga tidur lagi kita masih menggenggam alat teknologi canggih tersebut.
Bangun tidur sudah dibangunkan oleh alarm dari handphone, mencari sarapan sudah menggunakan pesanan online, berangkat kerja dan sekolah menggunakan transportasi online, tiba di kantor menggunakan mesin absensi digital, masuk ruang kerja atau sekolah banyak menggunakan media digital , mulai dari laptop, komputer, mesin faximile, internet, proyektor.
Mencar hiburan , memutar aplikasi youtube, tiktok, snack video. Berkomunikasi dengan teman dan relasi menggunakan whatsapp, twitter, facebook,instagram , line, telegram dan lain lain. Beragam aktivitas terbantu dengan teknologi berbasis digital yang terhubung dengan listrrik dan internet.
Dunia digital merupakan suatu kondisi dimana adanya ketersediaan dan penggunaan alat digital untuk berkomunikasi di internet, perangkat digital, perangkat pintar dan teknologi lain. Jadi, ketika kita berada dalam lingkungan yang tak lepas dari pemanfaatan alat alat digital berarti kita sudah berada dalam dunia digital.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan , kekuatan, kesanggupan atau daya. Masa Pandemi bukan harus diratapi, kondisi tak nyaman memaksa manusia berinovasi dan membuka diri terhadap sesuatu yang baru .
Potensi dalam dunia digital berkembang pesat saat pandemi. Jarak yang jauh dapat didekatkan, yang sulit dapat dimudahkan. Walau pandemi mulai berangsur pergi, namun perkembangan pemanfaatan dunia digital terus meluas. Berbagai macam potensi yang kita gunakan dalam pemanfaatan digital world ( Dunia digital ) saat ini seperti :
Bidang perdagangan / jual beli :
Dengan media digital masyarakat pelosok desa, pegunungan, perkotaan, dapat memanfaatkannya untuk melakukan penjualan online, baik melalui market place, media sosial, email, chat application, instagram .
Berbagai aplikasi sebagai media promosi pariwisata juga berkembang melalui digital world. Media sosial menjadi lahan pemasaran pariwisata yang sangat efektif. Dapat kita jumpai beragam macam aplikasi yang menawarkan penjualan tiket online, alat transportasi, perhotelan, restoran, tempat wisata bahkan perbankan.
Bidang Pendidikan :